NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM RITUAL MADDOJA BINE PADA KOMUNITAS MASYARAKAT BUGIS DI SULAWESI SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v26i2.883Keywords:
Nilai, pendidikan Islam, ritual, maddoja bine, petani BugisAbstract
Penelitian ini berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan Islam dalam ritual maddoja bine pada komunitas petani Bugis di Sulawesi Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan Sumber data dari informan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa maddoja bine adalah ritual leluhur yang dipegang teguh oleh masyarakat Bugis yang berprofesi petani. Maddoja bine secara sederhana dapat dipahami sebagai sebuah aktivitas menjaga bibit padi semalam suntuk sebagai bentuk penghormatan dan kasih sayang pada bibit padi yang esok hari akan ditebar di persemaian. Inti ritual ini adalah do’a berupa permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar bibit padi tersebut selamat sejak ditebar dipersemaian hingga di panen. Hal menarik dalam ritual ini adalah dituturkannya sureq I Lagaligo dalam epos Meong Mpalo Karellae di dalam kisah tersebut sarat dengan nilai kebaikan yang sejalan dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Nilai-nilai pendidikan Islam dalam ritual maddoja bine mencakup nilai aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. Nilai akhlak lebih menonjol dibanding nilai lainnya. Seperti; adanya persatuan, silaturrahim, gotong-royong, kepedulian kepada sesama dan kepedulian terhadap lingkungan hidup sebagai tertulis dalam kisah Miong Mpalo Karellae yang dituturkan oleh passure’ berbunyi: Nonnokko matu talao sappa pangampe madeceng bara engka talolongeng situju-tuju nawanawanna, Ininnawa mapatae, sabbara mappesonae, masempo toi dalle’na makkunrai namamase, temasookka ukka timu, orowane mapata, misseng duppai bisesa, paenre sangiang seri, teppogau gau ceko. Dalam kisah tersebut ada 8 nilai yang harus dimiliki yakni; sederhana, pemurah, sabar, tawakkal, penyayang, sopan berbicara, menghormati tamu, memuliakan padi, dan jujur.References
Alham R, Syahruna, Rosman MDY dan Masykur, A. 2014. Peranan budaya tudang sipulung/Appalili dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Bergesernya Nilai Budaya Pertanian di Sulawesi Selatan. Sosiohumanika, jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan. 7(2), 1.
Alim, M. 2015. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, 151.
Ali, MD. 2010. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 244-255.
Amstrong, K. 2011. The Case for God: What Religion Really Means diterjemahkan oleh Yuliani Lupitodengan judul Masa Depan Tuhan sanggahan terhadap fundamentalisme dan Ateisme. Bandung: Mizan, 64.
Asad, M. dkk. 2012.“. Nilai-nilai Keagamaan dalam Petuah Bijak, Puisi dan Peribahasa se Kawasan Timur Indonesia. Laporan Penelitian Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar. Bidang Lektur dan Khazanah Keagamaan.
Azra, A. 1999. Esai-esai Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Logos, 3.
Balai Besar Penelitian Tanaman padi. 2009. Pedoman Umum Peningkatan Produksi Padi melalui Pelaksanaan IP Padi 400. Balitpa, Sukamandi, 1.
Chatib, T. 2009. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 61.
Darajat, Z. 2010. Dasar-Dasar Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 260.
Lickona, T. 1992. Educating for Character, How our School can Teach Respect and Responsibility. New York, 22.
Mappangewa, S. G. 2012. Lontara Rindu. Jakarta: Republika, 2-3.
Mulia, M. 2019. Ensiklopedia Muslimah Reformis. Jakarta: Dian Rakyat, 756.
Muslim, Abu. 2011. Ekspresi Kebijaksanaan Masyarakat Bugis Wajo Memelihara Anak (Analisis Sastra Lisan). Al-Qalam, 17(1), 125-132.
Muslim, Abu. 2016. Artikulasi Religi Sajak-Sajak Basudara di Maluku. Al-Qalam, 19(2), 221-230.
Muslim, Abu, dkk. 2019. Islamic Values In The Traditional Rituals Of Kololi Kie And Fere Kie. Social and Climate Changes in 5.0 Society, 111.
Musthofa, dkk., 2005. Tauhid. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga,2.
Nashihin, 2017. Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Mulia, Jurnal Ummul Qura 5 (1).
Saharuddin, 2017. “Ritual maddoja Bine di tanete Riaja dari Masa Kerajaan tanete ke Masa Masuknya Agama Islamâ€, Universitas Negeri Makassar, 1.
Shaleh, A. 2011. Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jakarta: Bulan Bintang, 115.
Subagya, R. 1981. Agama Asli Indonesia. Jakarta: Yayasan cipta loka caraka, 2.
Sulkarnaen, A. 2017. Kelanjutan Tradisi Lisan Maddoja Bine dalam Konteks Perubahan Sosial Masyarakat Bugis. jurnal Masyarakat Indonesia. 43 (2), 262.
Syamsiar, 2014. Kontenplasi Diri dalam Lukisan jurnal Brikolase 8 (1), 99.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).