PEMBELAJARAN JARAK JAUH SEBAGAI HABITUS BARU DALAM EKOSISTEM PENDIDIKAN DI UIN ALAUDDIN MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v26i2.881Keywords:
pembelajaran daring, habitus baru, ekosistem pendidikanAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pembelajaran jarak jauh, yang diterapkan pada UIN Alauddin Makassar, sebagai respons pihak civitas akademik, terhadap instruksi pemerintah via Kementerian Agama, agar bermigrasi dari pembelajaran yang lazim dilakukan secara konvensional dengan arus utama tatap muka secara klasikal, ke rumah masing-masing dengan basis pembelajaran daring. Kebijakan tersebut diambil sebagai antisipasi agar mahasiswa, dosen, serta staf kependidikan lainnya, terhindar dari wabah Covid-19 yang kini melanda seluruh kawasan di dunia. Dengan memanfaatkan metode riset kualitatif, data serta informasi mengenai kebijakan yang dipilih tersebut, dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap kalangan informan, meliputi dekan, dosen, mahasiswa, dan tim pengelola informasi dan teknologi pembelajaran jarak jauh. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa, ada beberapa platform pembelajaran yang digunakan pendidik maupun mahasiswa selama masa belajar dari rumah yang sudah biasa digunakan dalam pembelajaran jarak jauh, diantaranya platform Lentera sebagai aplikasi pembelajaran dalam sistem manajemen pembelajaran, termasuk Google Classroom, Google Meeting, Zoom/Webinar, dan Whats Up, serta dan platform pembelajaran daring lainnya yang relevan. Platform pembelajaran jarak jauh ini digunakan di UIN Alauddin Makassar dalam proses pembelajaran, dalam bentuk penugasan, absensi, monitoring, maupun evaluasi melalui komunikasi intensif. Terobosan ini dinilai para civitas akademik belum efektif di tengah kondisi yang serba tidak normal akibat pandemi ini. Hambatannya terdiri dari jauhnya jarak, yang tidak memungkinkan terkoneksi dengan jaringan internet, kompetensi literasi virtual yang minim dan keterbatasan ruang fiskal keluarga yang belum memungkinkan mereka untuk memiliki peranti pembelajaran daring.
References
Bourdieu, Pierre-Felix, 1980. La Sens Pratique, Paris: By Les Éditions De Minuit.
Bourdieu, Pierre-Felix, 1993. The Field of Cultural Production: Essays on Art and Literature (1993: USA: Columbia University Press.
Bourdieu, Pierre-Felix, 1996. The State Nobility: Elite Schools in The Field of Power, UK: Blackwell Publishers, Ltd.
Bourdieu, Pierre-Felix, 1998. Practical Reason: On the Theory of Action, California: Stanford University Press.
Clark, Ruth Colvin and Richard E. Mayer, 2016. E-learning and The Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning, New Jersey: Wiley.
Creswell, John W, 2009. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches, Los Angeles: SAGE Publication, Inc.
Daymon, Christine, and Immy Holloway, 2002. Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communications, New York: Routledge.
Ilter, Tugrul, 2017. The Otherness of Cyberspace, Virtual Reality and Hypertext, dalam Jae-Jin Kim (ed), Virtual Reality, India: Intechweb.org
Johnson, Randal, 1993. Kata Pengantar dalam Bourdieu: The Field of Cultural Production: Essays on Art and Literature (1993: USA: Columbia University Press)
Keegan, Desmond, 2000. Distance Training: Taking Stock at A Time Of Change, New York: Routledge Falmer.
Kim, Gerard Jounghyun, 2005. Designing Virtual Reality Systems: The Structured Approach, London: Springer-Verlag.
Moran, Louise and Greville Rumble, 2004. Vocational Education and Training Through Open and Distance Learning, New York: Routledge Falmer.
Neuman, W. Lawrence, 2014. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches, USA: Pearson Education, Inc.
Safei, Muhammad, 2017. Teknologi Pembelajaran: Pengertian, Pengembangan dan Aplikasinya, Makassar: Alauddin University Press.
Tynan, B, et.al, 2013. Outlooks and Opportunities in Blended and Distance Learning, USA, IGI Global.
Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data, 2020. Petunjuk Penggunaan Learning Management Sistem. Makassar: UIN Alauddin.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).