VARIAN PEMIKIRAN DAN GERAKAN KEAGAMAAN MAHASISWA DI BERBAGAI UNIVERSITAS
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v18i2.79Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui varian pemikiran dan gerakan keagamaan mahasiswa di berbagai
universitas. Dalam hal ini, fokus kajian berada di tiga universitas, yakni UGM Yogjakarta, Universitas
Airlangga Surabaya, dan UNS Surakarta. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah mixed
methods, yakni suatu pendekatan yang merupakan kombinasi kuantitatif dan kualitatif Pendekatan ini
dimaksudkan untuk memperkuat kesahihan temuan-temuan penelitian, sehingga teknik pengumpulan data
kuantitatif menggunakan questioner dan hasil temuannya ditindaklanjuti dengan pengumpulan data
observasi, wawancara dan FGD (focus group discussion). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran
keagamaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap gerakan keagamaan mahasiswa, meskipun
temuannya tidak sinergis antara kedua variabel itu. Pemikiran keagamaan cenderung cukup kontekstual,
namun gerakan keagamaan cenderung radikal. Hal ini mungkin terjadi karena orientasi pemikiran
keagamaan mahasiswa bukan kepada ideologi gerakannya, melainkan kegiatan keislamannya.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).