KONSEP TAUHID DALAM NASKAH BAHAN AJAR MADRASAH DINIYAH CAMPALAGIAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKIDAH
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v18i2.74Abstract
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang Konsep Tauhid dalam Naskah Bahan Ajar Madrasah Diniyah Campalagian
(BAMDC). Naskah BAMDC berisi dasar-dasar ajaran Islammeliputi kumpulan-kumpulan hadis, ajaran
akidah (tauhid) dan fikih (hukum).Fokus kajian ini yaitu teks tauhid dalam naskah BAMDC dengan
mendeskripsikan konsep tauhid dan fungsinya sebagai media pembelajaran akidah. Teks tauhid dalam
naskah BAMDC terlebih dahulu diterjemahkan, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teori fungsi
teks. Kecamatan Campalagian sebagaipusatpendidikan agama Islam di Polewali Mandar lebih menekankan
pada pembelajaran materi tauhid dan fikih yang menjadi ciri khas tersendiri. Tujuannya supaya peserta
didik memiliki akidah yang kuat sejak dini. Realitas ini berbeda dengan yang terjadi di daerah lain. Di
Pambusuangmisalnya, disampingmateri akidah danfikih,diterapkanpulapembelajaran tarikat dan tasawuf.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).