RESPON MASYARAKAT TERHADAP MADRASAH TERAKREDITASI Studi pada MTsN Tulehu Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v18i2.69Abstract
Abstrak
Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui tingkat respon masyarakat terhadap madrasah terakreditasi.
Respon yang dimaksud terdiri alas pengetahuan (pemahaman), sikap (penilaian) dan partisipasi masyarakat selama ini
berkaitan dengan madrasah terakreditasi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini didasari pada Peraturan
Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 2 ayat (2) tentang Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa penjaminan dan
pengendalian mutu pendidikanyang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) perlu dilakukan tiga program terintegrasi
yaitu evaluasi, akreditasi, dan sertifikasi. Karenanya, sangat urgen mengamati respon masyarakat terhadap madrasah
terakreditasi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaiamana tingkatpengetahuan, sikap, dan partisipasi
masyarakat terhadap peningkatan kualitas madrasah terakreditasi pada MTsN Tulehu Kabupaten Maluku Tengah. Jenis
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sumber data diperoleh dari masyarakat yang bermukim di sekitar
madrasah dan orang tua siswa dengan menggunakan angket. Penarikan sampel dilakukan dengan dua tahap yaitupurposif
dan random. Purposif dilakukan pada penentuan kabupaten sedangkan penarikan sampel secara random dilakukan terhadap
masyarakat yang bermukim di sekitar madrasah. Penelitian ini menemukan bahwa tingkat pengetahuan/pemahaman, dan
sikap/penilaian masyarakat terhadap madrasah terakreditasi MTsN Tulehu terkategori "Tinggi", sedangkan tingkat partisipasi/
keterlibatan masyarakat terhadap madrasah terakreditasi terkategori "rendah ".
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).