RESPON MASYARAKAT TERHADAP MADRASAH TERAKREDITASI Studi pada MTsN Tulehu Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku

Authors

  • Amiruddin Amiruddin Balai Litbang Agama Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v18i2.69

Abstract

Abstrak
Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui tingkat respon masyarakat terhadap madrasah terakreditasi.
Respon yang dimaksud terdiri alas pengetahuan (pemahaman), sikap (penilaian) dan partisipasi masyarakat selama ini
berkaitan dengan madrasah terakreditasi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini didasari pada Peraturan
Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 2 ayat (2) tentang Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa penjaminan dan
pengendalian mutu pendidikanyang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) perlu dilakukan tiga program terintegrasi
yaitu evaluasi, akreditasi, dan sertifikasi. Karenanya, sangat urgen mengamati respon masyarakat terhadap madrasah
terakreditasi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaiamana tingkatpengetahuan, sikap, dan partisipasi
masyarakat terhadap peningkatan kualitas madrasah terakreditasi pada MTsN Tulehu Kabupaten Maluku Tengah. Jenis
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sumber data diperoleh dari masyarakat yang bermukim di sekitar
madrasah dan orang tua siswa dengan menggunakan angket. Penarikan sampel dilakukan dengan dua tahap yaitupurposif
dan random. Purposif dilakukan pada penentuan kabupaten sedangkan penarikan sampel secara random dilakukan terhadap
masyarakat yang bermukim di sekitar madrasah. Penelitian ini menemukan bahwa tingkat pengetahuan/pemahaman, dan
sikap/penilaian masyarakat terhadap madrasah terakreditasi MTsN Tulehu terkategori "Tinggi", sedangkan tingkat partisipasi/
keterlibatan masyarakat terhadap madrasah terakreditasi terkategori "rendah ".

Additional Files

Published

2016-01-09

Issue

Section

Articles