IMPLEMENTASI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI PASCASARJANAS2 PAIUIN MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v24i2.538Keywords:
Implementasi SNPT, Pascasarjana S2 PAI, PTKIAbstract
Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) merupakan kriteria minimal pada jenjang pendidikan tinggi di perguruan tinggi. SNPT wajib dipenuhi untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan dijadikan dasar untuk pemberian izin pendirian perguruan tinggi dan izin pembukaan program studi, serta dijadikan dasar penyelenggaraan pembelajaran berdasarkan kurikulum pada program studi. Selain itu SNPT juga dijadikan dasar penyelenggaraan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dijadikan dasar pengembangan dan penyelenggaraan sistem penjaminan mutu internal dan dijadikan dasar penetapan kriteria sistem penjaminan mutu eksternal melalui akreditasi. Permasalahannya, pengelolaan Pascasarjana di PTKI belum maksimal maka perlu dilakukan penguatan akademik pada aspek dosen dan tenaga kependidikan, proses belajar-mengajar yang baik dan memenuhi standar, tata kelola yang baik, riset dan publikasi, dan pendanaan yang mencukupi bagi peningkatan kualitas pendidikan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni menganalisis data yang berupa data-data tertulis atau wawancara secara langsung dari orang yang terlibat dalam penelitian ini (informan) serta perilaku yang diamati, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh. Penelitian ini menghasilkan bahwa Pascasarjana S2 PAI UIN Mataram belum memiliki Renstra, belum terpenuhinya SNPT pada standar sarana dan prasarana, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan pembelajaran dan standar pembiayaan, penilaian Mata Kuliah dan input hasil ujian Pascasarjana S2 PAI masih dilakukan secara manual. Drekomendasikan, perlu disusun renstra S2 PAI 2018-2022 yang mengacu pada proses perubahan bentuk IAIN menjadi UIN ,perlu dilakukan penataan terhadap tenaga kependidikan Pascasarjana S2 PAI melalui pembagian pekerjaan (job description) yang jelas sehingga mempermudah mereka dalam mempertanggungjawabnya, perlu peningkatan pembiayaan pengembangan program Pascasarjana S2 PAI ke depan baik yang bersumber pada APBN/BLU maupun kerjasama dengan pihak pemerintah daerah dan swasta lainnya, mahasiswa S2 PAI diwajibkan memiliki, membaca, mereview dan wajib mengakses google schooler untukmeningkatkan literasi para mahasiswa S2 PAI. Kedepannya untuk penilaian penilaian mata kuliah dan hasil ujian mahasiswa S2 secara dilakukan secara daring.
References
Cholid Narbuko dan Abu Achmadi 1997. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Didin Kurniadin dan Imam Machali, 2012.Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media
Erni Tisnawati Sule, Kurniwan Saefullah. 2009. Pengantar manajemen. Jakarta: Kencana Perdana Media Goup
Husain Usman. 2006. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Nanang Fattah, 2013. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
https://maragustamsiregar.wordpress.com/2014/04/15/pendaftaran-mhs-baru-s2-prodi-pendidikan-islam-uuin-sunan-kalijaga, diakses pada tanggal 9 Januari 2018.http://www.uinjkt.ac.id/id/program-pascasarjana/, diakses , tanggal 8 Januari 2018
Peraturan Menteri, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi no 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 3
Peraturan Menteri, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi no 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 4
Sofian Effendi. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES
Suharsimi Arikunto, 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta
Tim Pengembang SPMI. 2016. Permenristekdikti RI Nomor 44 Tahun 2015. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Direkjtorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Penjaminan Mutu
Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) no 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
Undang-undang no. 12 tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).