IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v24i2.525Keywords:
Implementasi, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan ITBAbstract
Dampak negatif dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta lajunya arus modernisasi yang begitu cepat, menuntut umat manusia untuk segera membentengi diri dengan kemampuan kepribadiannya agar tidak kehilangan jati diri serta ikut terseret dalam pola globalisasi yang jauh dari nilai-nilai agama. Pendidikan agama dipandang memiliki peranan yang sangat vital dalam membangun watak dan peradaban bangsa yang bermartabat sebagi solusi mengatasi hal tersebut. Untuk itu diperlukan pelaksanaan pendidikan agama yang lebih kondusif dan prospektif terutama di perguruan tinggi yang merupakan garda terdepan dalam mengantisifasi perubahan. Tulisan ini menyajikan model implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Institut Teknologi Bandung (ITB). Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil analisa data secara induktif dapat diketahui bahwa implementasi PAI di ITB dilakukan dengan mengacu kepada Sistem Pendidikan Nasional yang dikembangkan melalui program pembelajaran berupa character buiding yang dilakukan secara sinergi antar Sosio-Teknologi ITB, Yayasan Masjid Salman ITB dan UKM Gamais ITB. Implikasi dari hal tersebut di atas mampu membentuk sosok mahasiswa yang memiliki karakter, watak dan kepribadian serta prestasi yang disertai prestise dengan landasan keimanan dan ketakwaan serta nilai-nilai akhlak di masyarakatReferences
Al-Qur'an dan Terjemahnya, Tt. Mujamma' al-Malik Fahd Li Thiba'at Al-Mushhaf Asy-Syarif, Madinah Al-Munawaroh.
Amirin. 1996. Pokok-pokok Teori Sistem. Jakarta: Rajawaii Pers
Anshari, Zainal. 2012. Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum (Studi Historis dan Realitas Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum). Edu Islamika, Volume 4, Nomor 01, Maret, hal. 56-84.
Danim, Sudarwan 1997. Pengantar Studi Penelitian Kebijakan, Bumi Aksara, Jakarta.
Daradjat, Zakiyah. 1993. Pengantar Ilmu Jiwa Agama. Jakarta; Bulan Bintang.
Edward III, Merilee S. 1980. Implementing Public Policy. Washington: Congressional Quarterly Press.
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayatulloh, Furqon Syarief. 2013. Manajemen Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum (Studi Kasus di Institut Pertanian Bogor). Jurnal Pendidikan Islam. Volume XXVIII, Nomor 2, hal. 186-202.
Iswanto, Agus. 2017. Ideologi dalam Literatur Keagamaan pada Aktivis Dakwah Kampus dan Kajian Islam di ITB Bandung. Jurnal SMaRT, Volume 3, Nomor 1 Juni, hal. 13-28.
Kahmad, Dadang. 1999. Metode Penelitian Agama (Perspektif Ilmu Perbandingan Agama), Bandung: Pustaka Setia.
Keluaga Mahasiswa Islam (GAMAIS ITB), 2007 M /1428 H. Anggaan Dasar (AD) / Anggaan Rumah tangga (ART), Bandung: Insitut Teknologi Bandung
Munip, Abdul. 2008. Perkuliahan Pendidikan Agama Islam Diperguruan Tinggi Negeri (Sebuah Catatan Lapangan). Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume V, Nomor 1, hal. 15-42.
Muslim, Ahmad Buchori. 2016. Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum (Studi Multisitus di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang), Tesis, Magister Pendidikan Agama Islam, Malang: Universitas Maulana Malik Ibrahim.
Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.
Nasikiun. 1996. Sistem Sosial Indonesia. Jakarta: C.V. Rajawait.
Parson, A Talcott. 1994. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Saepudin, Juju. 2015. Kapasitas Kopertais Wilayah XIII Dalam Meningkatkan Mutu PTAIS Di Provinsi Jambi. Jurnal “Al-Qalam”, Volume 21, Nomor 2 Desember, hal. 277-290.
Saepudin, Juju. 2015. Model Pembelajaran Dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Resepsi Terhadap Kitab Muqaddimah. Jurnal Edukasi, Volume 13, Nomor 2, Agustus 2015, hal. 222-238.
Setyadi, Iwan Tritenty. 2005. Evaluasi Implementasi Proyek Inovasi Manajemen Perkotaan Pekerjaan Pemberdayaan Sektor Informal Pedagang Kaki Lima Kota Magelang. Tesis. Yogyakarta: MPKD Universitas Gadjah Mada.
Siregar, Imran. 2014. Model Pengajaran Agama Islam di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan. Jurnal “Al-Qalam”, Volume 20, Nomor 1 Juni, hal. 45-56.
Siregar, Imran. 2016. Aspirasi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum: Kasus Mahasiswa FIP UPI. Bandung. Jurnal Penamas Volume 29, Nomor 2, Juli-September, hal. 265 – 278.
Sulaiman, Rusydi. 2015. Pendidikan (Agama) Islam di Perguruan Tinggi: Tawaran Dimensi Esoterik Agama Untuk Penguatan SDM. Jurnal Madania, Volume 19, Nomor 2 Desember, hal. 223-230.
Zamroni. 1992. Pengantar Pengembangan Teori Sosial. Tiara Wacana: Yogyakarta.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).