Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Darul Ulum Nahdhatul Wathan, Bima Maroa, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v24i1.458Keywords:
Pembelajaran, Kitab Kuning, Pesantren, Darul Ulum Nahdhatul WathanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seputar pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren dengan melakukan penelusuran terkait jenis kitab kuning yang diajarkan, mekanisme pembelajarankitab kuning,dan problematika yang dihadapi dalam pembelajarankitab kuning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 92 pondok pesantren di Sulawesi Tenggara, hanya sebagian kecil yang masih menyelenggarakan pembelajaran kitab kuning. Salah satu di antaranya adalah Pondok PesantrenDarul Ulum Nahdhatul Wathan di Konawe Selatan yang menjadi sasaran penelitian ini.Kitab kuning yang diajarkan di pondok pesantren ini terdiri dari beberapa jenis kitab yakni kitab-kitab ilmu nahwu dan ilmu Sharaf, fikih dan usul fikih, hadis, tafsir, tauhid, sejarah, akhlak, dan tajwid. Pembelajaran kitab kuning dilaksanakan dengan sistem bandongan dan dibagi perkelas sesuai tingkat kemampuan dan pemahaman santri terhadap kitab yang dipelajari. Kendala utama yang dirasakan dalam pembelajaran kitab adalah kelangkaan kitab, kekurangan jumlah pembina yang bisa mengajarkan kitab, ketiadaan ruang yang berskala besar sebagai pusat kegiatan ibadah dan pengajian kitab, dan kapasitas asrama yang belum mampu menampung seluruh peserta yang belajar di satuan-satuan pendidikan dalam binaan pondok pesantren ini.
Â
References
Ahmad, Kadir. dkk. 2008. Menakar Kultur Pesantren. Makassar: Indobis.
Al-Adawiah, Rabiah. 2016. Pola Pembinaan Akhlak Santri melalui Pengkajian Kitab pada Pondok Pesantren Fastabiqul Khairat DDI Ladongi. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari.
Baso, Ahmad. 2012.Pesantren Studies 2a. Jakarta: Pustaka Afid.
Batmang. 2012. Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Modern Gontor VII; Kajian Etnografi di Sulawesi Tenggara. Laporan Penelitian. P3M, STAIN Kendari.
Burhanuddin, Jajat. 2012.Ulama dan Kekuasaan: Pergumulan Elite Muslim Dalam Sejarah Indonesia. Jakarta: Mizan.
Cresswell, John W. 1994.Research Design, Qualitative and Quantitative Approaches. California: Thousand Oaks.
Dhofier, Zamakhsyari. 2011.Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES.
Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.2017.Direktori Pesantren. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.
Fathonah, Siti. 2006. Kompetensi Membaca Kitab Kuning Santri Pondok Pesantren Darul Ulum Nahdhatul Wathan di Desa Bima Maroa Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan. Skripsi. Fakultas TarbiyahSTAIN Kendari.
Idham. PolaPengkaderan Ulama di Sulawesi Selatan (Studi pada Program Ma’had Aly Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang Kabupaten Wajo). Jurnal Al-Ulum Volume 17 Nomor 2 Tahun 2017.
Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tenggara. Data Emis Tahun 2017.
------------ Data pondok Pesantren se-Sulawesi Tenggara Tahun 2017.
------------Data Keagamaan Tahun 2018.
Kementerian Agama RI. 2017. Kementerian Agama RI Dalam Angka. Jakarta: Kementerian Agama RI Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi.
Mustafa, Muhammad Sadli. Pengabdian Tanpa Pamrih; Biografi Tangguru Jahido (Laporan Penelitian Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar Tahun 2015).
Milles, M.B., & Huberman, M.A. (1984). Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication.
Nurfadhilah, Muthia. 2017. Strategi Pengasuh Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 4 Kabupaten Konawe Selatan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kendari.
Pondok Pesantren Darul Ulum Nahdhatul Wathan. Jadwal Pelajaran Kitab Kuning Pondok Pesantren Darul Ulum Nahdhatul Wathan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sya’ban, A. Ginanjar. 2017. Mahakarya Islam Nusantara: Kitab, Naskah, Manuskrip dan Korespondensi Ulama Nusantara. Tangerang: Pustaka Compass.
Umar, Nasaruddin. 2014.Rethinking Pesantren. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).