Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Darul Ulum Nahdhatul Wathan, Bima Maroa, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara

Authors

  • Muhammad Sadli Mustafa Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v24i1.458

Keywords:

Pembelajaran, Kitab Kuning, Pesantren, Darul Ulum Nahdhatul Wathan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seputar pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren dengan melakukan penelusuran terkait jenis kitab kuning yang diajarkan, mekanisme pembelajarankitab kuning,dan problematika yang dihadapi dalam pembelajarankitab kuning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 92 pondok pesantren di Sulawesi Tenggara, hanya sebagian kecil yang masih menyelenggarakan pembelajaran kitab kuning. Salah satu di antaranya adalah Pondok PesantrenDarul Ulum Nahdhatul Wathan di Konawe Selatan yang menjadi sasaran penelitian ini.Kitab kuning yang diajarkan di pondok pesantren ini terdiri dari beberapa jenis kitab yakni kitab-kitab ilmu nahwu dan ilmu Sharaf, fikih dan usul fikih, hadis, tafsir, tauhid, sejarah,  akhlak, dan tajwid. Pembelajaran kitab kuning dilaksanakan dengan sistem bandongan dan dibagi perkelas sesuai tingkat kemampuan dan pemahaman santri terhadap kitab yang dipelajari. Kendala utama yang dirasakan dalam pembelajaran kitab adalah kelangkaan kitab, kekurangan jumlah pembina yang bisa mengajarkan kitab, ketiadaan ruang yang berskala besar sebagai pusat kegiatan ibadah dan pengajian kitab, dan kapasitas asrama yang belum mampu menampung seluruh peserta yang belajar di satuan-satuan pendidikan dalam binaan pondok pesantren ini.

 

References

Ahmad, Kadir. dkk. 2008. Menakar Kultur Pesantren. Makassar: Indobis.

Al-Adawiah, Rabiah. 2016. Pola Pembinaan Akhlak Santri melalui Pengkajian Kitab pada Pondok Pesantren Fastabiqul Khairat DDI Ladongi. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari.

Baso, Ahmad. 2012.Pesantren Studies 2a. Jakarta: Pustaka Afid.

Batmang. 2012. Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Modern Gontor VII; Kajian Etnografi di Sulawesi Tenggara. Laporan Penelitian. P3M, STAIN Kendari.

Burhanuddin, Jajat. 2012.Ulama dan Kekuasaan: Pergumulan Elite Muslim Dalam Sejarah Indonesia. Jakarta: Mizan.

Cresswell, John W. 1994.Research Design, Qualitative and Quantitative Approaches. California: Thousand Oaks.

Dhofier, Zamakhsyari. 2011.Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES.

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.2017.Direktori Pesantren. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Fathonah, Siti. 2006. Kompetensi Membaca Kitab Kuning Santri Pondok Pesantren Darul Ulum Nahdhatul Wathan di Desa Bima Maroa Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan. Skripsi. Fakultas TarbiyahSTAIN Kendari.

Idham. PolaPengkaderan Ulama di Sulawesi Selatan (Studi pada Program Ma’had Aly Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang Kabupaten Wajo). Jurnal Al-Ulum Volume 17 Nomor 2 Tahun 2017.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tenggara. Data Emis Tahun 2017.

------------ Data pondok Pesantren se-Sulawesi Tenggara Tahun 2017.

------------Data Keagamaan Tahun 2018.

Kementerian Agama RI. 2017. Kementerian Agama RI Dalam Angka. Jakarta: Kementerian Agama RI Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi.

Mustafa, Muhammad Sadli. Pengabdian Tanpa Pamrih; Biografi Tangguru Jahido (Laporan Penelitian Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar Tahun 2015).

Milles, M.B., & Huberman, M.A. (1984). Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication.

Nurfadhilah, Muthia. 2017. Strategi Pengasuh Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 4 Kabupaten Konawe Selatan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kendari.

Pondok Pesantren Darul Ulum Nahdhatul Wathan. Jadwal Pelajaran Kitab Kuning Pondok Pesantren Darul Ulum Nahdhatul Wathan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sya’ban, A. Ginanjar. 2017. Mahakarya Islam Nusantara: Kitab, Naskah, Manuskrip dan Korespondensi Ulama Nusantara. Tangerang: Pustaka Compass.

Umar, Nasaruddin. 2014.Rethinking Pesantren. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Additional Files

Published

2018-08-12

Issue

Section

Articles