Strategi Penyelengaraan Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Balikpapan KAltim
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v24i1.453Keywords:
Strategy, implementation, Islamic Religious EducationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan, strategi, dukungan dan kendala dalam penyelenggaraan PAI di SMAM 2 Balikpapan dengan menggunakan metode kualitatip. Hasil penelitian menunjukkan: (a) Strategi penyelenggaraan PAI di SMAN 2 dilakukan melalui pengembangan program inovasi pembelajaran PAI dan Pengembangan Budaya Keagamaan (Religious Culture), (b) Penyelenggraan PAI didukung oleh leadership kepala sekolah, kompetensi guru, kelengkapan fasilitas pembelajaran, jaringan alumni sedangkan kendalanya tidak semua guru PAI memiliki skill tertentu untuk membina ekstrakurikuler, belum ada perpustakaan PAI, dan kurang maksimalnya anggaran untuk penyelenggraan PAI, dan (c) Kementerian Agama perlu melakukan pembinaan guru PAI dalam upaya peningkatan kompetensi dan melengkapi sarana pembelajaran PAI berbasis multimediaReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anoraga, Panji . 2004. Manajemen Bisnis. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Arwani, Agus. 2111. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multimedia. Jurnal Forum Tarbiyah 9, No. 2: 185
Dewey, Jhon. 2004. Experience and Education. Jakarta: Teraju Mizan.
Keputusan Menteri Agama (KMA) No 211 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam di Sekolah
Lubis, Halfian. 2008. Pertumbuhan SMA Islam Unggulan Di Indonesia. Studi Tentang Strategi Peningktan Mutu Pendidikan. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama RI
Maisaroh, Siti. 2013. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.†Jurnal Kependidikan 1, No. 1: 167
Moleong, L.J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan Keenambelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nasih, Munjin, Ahmad dan Lilik Nur kholidah. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung, Refika Aditama.
Nata, Abuddin. 2016. Inovasi Pendidikan Islam. Jakarta: Salemba Diniyah
Panduan teknis Apresiasi sekolah PAI Unggulan Tahun 2014, Subdit PAI pada SMA Ditpai, Ditjen Pendis Kementerian Agama.
Peraturan Pemerintah No 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan
Qowaid. 2017. Implementasi Pendidikan Agama di SMK Bakti Pangkal Pinang Bangka Belitung. Edukasi Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan 15, Nomor 3.
Sagala, Syaiful. 2011, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta.
Salusu. 2002. Pengambilan keputusan Strategi. Jakara: Grasindo.
Sumarni. 2016. Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam (PAI) berkeunggulan di SMAN 2 Serang Banten. Jurnal Edukasi 14, Nomor 3:
Swastha, Basu dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Tafsir, Ahmad. 2008. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosda karya
Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan, Kepala Sekolah Tinjauan Teoritis dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).