Strategi Penyelengaraan Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Balikpapan KAltim

Authors

  • Farida Hanun Centre for Research and Development of Religious Education and Religion Ministry of Religious Affairs of the Repulic of Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v24i1.453

Keywords:

Strategy, implementation, Islamic Religious Education

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui kebijakan, strategi, dukungan dan kendala dalam penyelenggaraan PAI di SMAM 2 Balikpapan dengan menggunakan metode kualitatip. Hasil penelitian menunjukkan: (a) Strategi penyelenggaraan PAI di SMAN 2 dilakukan melalui pengembangan program inovasi pembelajaran PAI dan Pengembangan  Budaya Keagamaan (Religious Culture), (b) Penyelenggraan PAI didukung oleh leadership kepala sekolah, kompetensi guru, kelengkapan fasilitas pembelajaran, jaringan alumni sedangkan kendalanya tidak semua guru PAI memiliki skill tertentu untuk membina ekstrakurikuler, belum ada perpustakaan PAI, dan kurang maksimalnya anggaran untuk penyelenggraan PAI, dan (c) Kementerian Agama  perlu melakukan pembinaan guru PAI dalam upaya peningkatan kompetensi dan melengkapi sarana pembelajaran PAI berbasis multimedia

References

DAFTAR PUSTAKA

Anoraga, Panji . 2004. Manajemen Bisnis. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Arwani, Agus. 2111. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multimedia. Jurnal Forum Tarbiyah 9, No. 2: 185

Dewey, Jhon. 2004. Experience and Education. Jakarta: Teraju Mizan.

Keputusan Menteri Agama (KMA) No 211 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam di Sekolah

Lubis, Halfian. 2008. Pertumbuhan SMA Islam Unggulan Di Indonesia. Studi Tentang Strategi Peningktan Mutu Pendidikan. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama RI

Maisaroh, Siti. 2013. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.†Jurnal Kependidikan 1, No. 1: 167

Moleong, L.J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan Keenambelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nasih, Munjin, Ahmad dan Lilik Nur kholidah. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung, Refika Aditama.

Nata, Abuddin. 2016. Inovasi Pendidikan Islam. Jakarta: Salemba Diniyah

Panduan teknis Apresiasi sekolah PAI Unggulan Tahun 2014, Subdit PAI pada SMA Ditpai, Ditjen Pendis Kementerian Agama.

Peraturan Pemerintah No 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan

Qowaid. 2017. Implementasi Pendidikan Agama di SMK Bakti Pangkal Pinang Bangka Belitung. Edukasi Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan 15, Nomor 3.

Sagala, Syaiful. 2011, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta.

Salusu. 2002. Pengambilan keputusan Strategi. Jakara: Grasindo.

Sumarni. 2016. Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam (PAI) berkeunggulan di SMAN 2 Serang Banten. Jurnal Edukasi 14, Nomor 3:

Swastha, Basu dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Tafsir, Ahmad. 2008. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosda karya

Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan, Kepala Sekolah Tinjauan Teoritis dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Published

2018-08-12

Issue

Section

Articles