PERGESERAN PARADIGMA KEAGAMAAN MAHASISWA MUSLIM DI UNIVERSITAS WIDYAGAMA MAHAKAM SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v21i2.240Abstract
Penelitian ini berupaya mengidentifikasi pergeseran paham keagamaan yang terjadi dikalangan
mahasiswa sekaligus memahami bagaimana pergeseran itu terjadi. Penelitian menggunakan metode
kualitatif dan penggalian data dilakukan dengan cara wawancara terhadap tokoh-tokoh yang dipilih
(purposive sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergeseran paham yang terjadi di kalangan
mahasiswa muslim di UWGM Samarinda adalah pergeseran paham keagamaan ke arah paham
keagamaan yang revivalis-modernis. Pergeseran pemahaman keagamaan tersebut disebabkan oleh
kuatnya penetrasi kelompok tarbiyah Ikhwanul Muslimin hingga akhirnya berhasil menguasai Lembaga
Dakwah Kampus yang memiliki saluran resmi dari kampus. Dalam konteks kehidupan dewasa ini
paham keagamaan yang diusung sangat resisten karena bersikap anti terhadap berbagai khasanah tradisi
Islam lokal termasuk juga sikap yang cenderung intoleran terhadap kelompok Islam yang tidak sehaluan
dengan mereka.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).