PENDIDIKAN NILAI: DI SEKOLAH MADANIA KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Mulyana Mulyana Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta Jl. Jl. Rawa Kuning No. 6 Pulo Gebang Cakung Jakarta Timur

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v21i2.237

Abstract

Paper ini menyajikan hasil penelitian terhadap program Pendidikan Menghidupkan Nilai yang dilakukan
sejumlah elemen masyarakat. Penelitian dilakukan dengan melakukan studi kasus terhadap implementasi
program tersebut di Sekolah Madania, Parung, Bogor. Penelitian ini mencoba mengkaji apakah program
Pendidikan Menghidupkan Nilai dapat menjadi model yang berguna untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah. Hasil studi ini memperlihatkan bahwa program
Pendidikan Menghidupkan Nilai telah memberi hasil positif yang teramati dalam perubahan perilaku
tenaga pendidik maupun siswa terkait sejumlah nilai yang dipelajari, seperti kejujuran, penghargaan,
toleransi, dan tanggung jawab. Berdasarkan hasil riset ini, peneliti menyimpulkan bahwa Pendidikan
Menghidupkan Nilai, terutama pada aspek pendekatan dan metodenya, dapat menjadi model bagi
pembelajaran PAI di sekolah.

Additional Files

Published

2016-01-10

Issue

Section

Articles