INOVASI PEMBELAJARAN AGAMA KRISTEN DI SMA OIKUMENE KENDARI

Authors

  • Mujizatullah Mujizatullah Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v21i2.236

Abstract

Pendidikan agama di SMA Oikumene Kendari merupakan bidang studi wajib di lembaga pendidikan
dengan tujuan membantu peserta didik memperoleh kehidupan yang bermakna. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui gambaran deskriptif mengenai inovasi pendidikan Agama di SMA Oikumene Kendar.
Masalah yang diangkat adalah a) Bagaimana Pelaksanaan Inovasi pembelajaran Agama b) Bagaimana
model Inovasi yang dilakukan c) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan
pendidikan Agama Kristen di SMA Oikumene Kendari. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif
melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah dan guru di Sma Oikumne Kendari. Hasil dari
penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan Inovasi pendidikan Inovasi Pembelajaran Agama di SMA
Oikumene Kendari dengan mengembangkan sistem pendidikan pembelajaran agama yang Prularis
dengan pembelajaran dengan berfokus kepada sikap toleransi dan menghargai perbedaan agama,
model inovasi pembelajaran pendidikan agama dilaksanakan secara bersamaan pada ruangan yang
terpisah. 2) metode yang digunakan adalah Contextual Teaching and Learning. 3) Faktor pendukung
mengedepankan nilai-nilai prularistik, baik dilingkungan sekolah dan masyarakat, kemudian menepis
anggapan yang ‘keliru’ mengenai SMA Oikumene. Dan terbukti, saat ini semakin banyak siswa dari
beberapa latar belakang agama bersekolah di SMA Oikumene adanya dukungan dan kepedulian yang
semakin tinggi dari masyarakat terhadap pendidikan, memiliki lokasi yang luas dengan fasilitas yang
cukup lengkap serta ditunjang oleh tenaga pendidik yang kompeten. 4) Kekurangan tenaga pendidik
terutama guru agama Islam dan perlunya peningkatan kompetensi prifesional bagi tenaga pendidik.

Additional Files

Published

2016-01-10

Issue

Section

Articles