IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI PAPUA KOTA JAYAPURA

Authors

  • Amiruddin Amiruddin Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v21i2.229

Abstract

Pendidikan agama merupakan bidang studi wajib di lembaga pendidikan dengan tujuan membantu
peserta didik memperoleh kehidupan yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
gambaran deskriptif mengenai pendidikan Agama Kristen bagi anak difabel di Sekolah Luar Biasa,
serta menemukan model pembelajaran yang tepat di SLB. Masalah yang diangkat adalah a) bagaimana
pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen di SLB, b) bagaimana konsep pendidikan agama bagi anak
berkebutuhan khusus, serta c) apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan
pendidikan Agama Kristen di SLB. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi
sederhana terhadap pengelolaan SLB, wawancara singkat dengan kepala sekolah dan guru di SLB sasaran
penelitian dan dokumentasi visual terhadap sarana dan prasarana SLB di Jayapura. Hasil dari penelitian
ini adalah 1) pelaksanaan pendidikan agama belum sesuai dengan harapan, karena belum tersedia guru
agama khusus yang memiliki kompetensi dibidang keagamaan, sehingga untuk mengisi kekosongan
tersebut kepala sekolah menugaskan guru yang dianggap mampu untuk memberikan materi pendidikan
agama. 2) konsep pembelajaran agama yang diterapkan dengan menggabungkan semua siswa difabel
dalam satu kelas untuk semua tingkatan. Idealnya pembelajaran pendidikan agama di SLB dilakukan
berdasarkan jenis difabel dengan pendekatan pembelajaran individual.

Additional Files

Published

2016-01-10

Issue

Section

Articles