IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI PAPUA KOTA JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v21i2.229Abstract
Pendidikan agama merupakan bidang studi wajib di lembaga pendidikan dengan tujuan membantu
peserta didik memperoleh kehidupan yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
gambaran deskriptif mengenai pendidikan Agama Kristen bagi anak difabel di Sekolah Luar Biasa,
serta menemukan model pembelajaran yang tepat di SLB. Masalah yang diangkat adalah a) bagaimana
pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen di SLB, b) bagaimana konsep pendidikan agama bagi anak
berkebutuhan khusus, serta c) apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan
pendidikan Agama Kristen di SLB. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi
sederhana terhadap pengelolaan SLB, wawancara singkat dengan kepala sekolah dan guru di SLB sasaran
penelitian dan dokumentasi visual terhadap sarana dan prasarana SLB di Jayapura. Hasil dari penelitian
ini adalah 1) pelaksanaan pendidikan agama belum sesuai dengan harapan, karena belum tersedia guru
agama khusus yang memiliki kompetensi dibidang keagamaan, sehingga untuk mengisi kekosongan
tersebut kepala sekolah menugaskan guru yang dianggap mampu untuk memberikan materi pendidikan
agama. 2) konsep pembelajaran agama yang diterapkan dengan menggabungkan semua siswa difabel
dalam satu kelas untuk semua tingkatan. Idealnya pembelajaran pendidikan agama di SLB dilakukan
berdasarkan jenis difabel dengan pendekatan pembelajaran individual.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).