PEMBERDAYAAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN ATTARBIYATUSSAKILAH KOTA KENDARI
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v21i2.226Abstract
Penelitian ini mendiskripsikan berbagai kegiatan keterampilan dalam pemberdayaan santri yang
dilakukan oleh Pondok Pesantren Attarbiyatussakilah dan menggambarkan peluang dan tantangan
prospek pengembangannya. Dengan metode kualitatif, temuan penelitian menunjukkan bahwa Pondok
Pesantren Attarbiyatussakilah melaksanakan dan mengembangkan berbagai macam keterampilan
melalui kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler dengan melibatkan pimpinan, pembina, dan santri
pesantren serta masyarakat di sekitar pesantren. Jenis kegiatan pemberdayaan yang dilakukan dan
dikembangkan oleh pesantren disesuaikan dengan kondisi lingkungan, sarana dan prasarana, dan
kemampuan yang dimiliki pesantren. Kegiatan dan pengembangan pemberdayaan memiliki prospek
yang sangat urgen dalam pembekalan keterampilan bagi santri, penunjang kehidupan santri dalam
kehidupan di pesantren, dan merupakan potensi sumber dana dalam pengelolaan pesantren.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).