IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MAN MODEL MANADO
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v20i2.194Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada tataran sosialisasi
yang dilakukan baik oleh Kemenag (Mapenda), Diklat Keagamaan Manado, Pengawas Madrasah, dan
MAN Model Manado, serta proses pengimplementasian pendidikan karakter, faktor pendukung dan
penghambat dalam pengimplementasiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pada
tataran pengambil kebijakan telah dilakukan, pendidikan karakter telah diintegrasikan pada kurikulum
melalui mata pelajaran dan kegiatan pengembangan diri (ekstrakurikuler). Di antara kendala dalam
pendidikan karakter yakni kesiapan guru dalam teknik impelementasi pendidikan karakter masih sangat
kurang serta wadah guru untuk mengkomunikasi berbagai hal termasuk pendidikan karakter secara
teknis sangat diperlukan untuk menjalin jejaring kerja antar guru dan antar lembaga. Peningkatan
kompetensi guru menjadi keharusan mengingat pentingnya pendidikan budaya dan karakter bagi
siswa, baik dalam bentuk diklat, workshop, atau seminar.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).