PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI R.A. DDI ADDARIYAH KOTA PALOPO
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v20i2.190Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan pemahaman tentang penanaman nilai-nilai agama pada
anak-anak usia dini di Palopo, RA DDI Addariyah sebagai subjek. Pertanyaan penelitian adalah
bagaimana lembaga pendidikan agama mendidik dan menanamkan nilai-nilai agama pada anak
peserta didiknya dan faktor-faktor apakah yang berpotensi menjadi pendukung maupun penghambat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam upaya menanamkan nilai-nilai agama pada anak peserta
didik, RA DDI Addariyah Palopo memadukan kurikulum Kementerian Agama (Kemenag) maupun
kurikulum Kementerian pendidikan Nasional (Kemendiknas) maupun beragam metode penanaman.
Sebagai faktor pendukung, para guru memiliki motivasi yang tinggi kendatipun tidak diimbangi dengan
pendapatan yang memadai dalam melakukan tugasnya. Sedangkan, minimnya fasilitas dan kurangnya
pendanaan dapat menjadi faktor penghambatnya. Sebagai rekomendasi, Kemenag memberi perhatian
dan bantuan untuk meningkatkan fasilitas bagi lembaga-lembaga pendidikan usia dini tersebut maupun
memberi pelatihan secara reguler kepada para gurunya.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).












