PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI R.A. DDI ADDARIYAH KOTA PALOPO

Authors

  • Muhammad Ali Saputra Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v20i2.190

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan pemahaman tentang penanaman nilai-nilai agama pada
anak-anak usia dini di Palopo, RA DDI Addariyah sebagai subjek. Pertanyaan penelitian adalah
bagaimana lembaga pendidikan agama mendidik dan menanamkan nilai-nilai agama pada anak
peserta didiknya dan faktor-faktor apakah yang berpotensi menjadi pendukung maupun penghambat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam upaya menanamkan nilai-nilai agama pada anak peserta
didik, RA DDI Addariyah Palopo memadukan kurikulum Kementerian Agama (Kemenag) maupun
kurikulum Kementerian pendidikan Nasional (Kemendiknas) maupun beragam metode penanaman.
Sebagai faktor pendukung, para guru memiliki motivasi yang tinggi kendatipun tidak diimbangi dengan
pendapatan yang memadai dalam melakukan tugasnya. Sedangkan, minimnya fasilitas dan kurangnya
pendanaan dapat menjadi faktor penghambatnya. Sebagai rekomendasi, Kemenag memberi perhatian
dan bantuan untuk meningkatkan fasilitas bagi lembaga-lembaga pendidikan usia dini tersebut maupun
memberi pelatihan secara reguler kepada para gurunya.

Additional Files

Published

2016-01-09

Issue

Section

Articles