KOMPETENSI PENGAWAS MADRASAH DI KOTA KENDARI
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v20i2.184Abstract
Posisi pengawas dalam sistem pendidikan nasional Indonesia sangat strategis.Tugas dan fungsi sebagai
tenaga supervisor akademik dan manajerial serta evaluator terhadap peningkatan kualitas kepala
madrasah dan guru mata pelajaran menuntutnya untuk berkerja secara professional.Namun beberapa
hasil riset parsial menyatakan bahwa tingkat profesionalitas pengawas masih tergolong rendah.Riset
kali ini menelusuri tingkat kompetensi pengawas secara komprehensif, yaitu mencakup kompetensi
akademik, manajerial, evaluasi pendidikan kelitbangan, kepribadian, dan sosial.Penelitian survei di
Kota Kendari pada tahun 2012 mengumpulkan data dengan metode kuantitatif dan analisis deskriptif
kuantitatif, terhadap 25 responden (pengawas).Penelitian bertujuan untuk menemukan tingkat
kompetensi pengawas dengan harapan dapat bermanfaat terhadap kebijakan peningkatan kualitas
pengawas madrasah.Ditemukan, bahwa secara umum tingkat kompetensi pengawas madrasah di
Kota Kendari terkategori ‘sedang’. Dan tingkat kompetensi pengawas berdasarkan karanteristik
pengawas tampak variatif.Peningkatan kompetensi pengawas perlu diintensifkan terutama peningkatan
pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang berkaitan dengan pembinaan dan bimbingan terhadap
kepala madrasah dan guru mata pelajaran, penelitian, penilaian kinerja, dan kemahiran membangun
kemiteraan.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).