KOMPETENSI PENGAWAS MADRASAH DI KOTA KENDARI

Authors

  • Badruzzaman Badruzzaman Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v20i2.184

Abstract

Posisi pengawas dalam sistem pendidikan nasional Indonesia sangat strategis.Tugas dan fungsi sebagai
tenaga supervisor akademik dan manajerial serta evaluator terhadap peningkatan kualitas kepala
madrasah dan guru mata pelajaran menuntutnya untuk berkerja secara professional.Namun beberapa
hasil riset parsial menyatakan bahwa tingkat profesionalitas pengawas masih tergolong rendah.Riset
kali ini menelusuri tingkat kompetensi pengawas secara komprehensif, yaitu mencakup kompetensi
akademik, manajerial, evaluasi pendidikan kelitbangan, kepribadian, dan sosial.Penelitian survei di
Kota Kendari pada tahun 2012 mengumpulkan data dengan metode kuantitatif dan analisis deskriptif
kuantitatif, terhadap 25 responden (pengawas).Penelitian bertujuan untuk menemukan tingkat
kompetensi pengawas dengan harapan dapat bermanfaat terhadap kebijakan peningkatan kualitas
pengawas madrasah.Ditemukan, bahwa secara umum tingkat kompetensi pengawas madrasah di
Kota Kendari terkategori ‘sedang’. Dan tingkat kompetensi pengawas berdasarkan karanteristik
pengawas tampak variatif.Peningkatan kompetensi pengawas perlu diintensifkan terutama peningkatan
pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang berkaitan dengan pembinaan dan bimbingan terhadap
kepala madrasah dan guru mata pelajaran, penelitian, penilaian kinerja, dan kemahiran membangun
kemiteraan.

Additional Files

Published

2016-01-09

Issue

Section

Articles