REALITAS PENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU PADA TINGKAT SD DI KOTA PEKALONGAN JAWA TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v20i2.183Abstract
Penelitian ini berusaha menemukan pola-pola proses pendidikan Agama Khonghucu bagi peserta didik
sekolah dasar di Kota Pekalongan Jawa Tengah. Proses pendidikan yang dimaksud meliputi kurikulum
pendidikan agama Khonghucu, kompetensi guru, proses pembelajaran, serta hambatan-hambatan
pelaksanaan pendidikan agama Khonghucu di sekolah dasar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif
penelitian ini berhasil menemukan 4 pola pelaksanaan pendidikan agama Khonghucu pada jenjang
sekolah dasar. Pertama, pendidikan agama Khonghucu telah dilaksanakan pada dua sekolah dasar yaitu
SDN Sampangan 02 dan SD Satyawiguna. Kedua, secara kualifikasi akademik dan standar kompetensi guru
pendidikan agama Khonghucu belum mengacu dengan dipersyaratkan pemerintah dalam permendiknas
No 16 tahun 2007 tentang kompetensi guru. Ketiga, kurikulum pendidikan agama Khonghucu yang
dilaksanakan pada sekolah dasar di Pekalongan menggunakan kurikulum yang disusun oleh Majelis Tinggi
Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) dan tidak mengacu KTSP. Keempat, ditemukan enam faktor
penghambat dalam pelaksanaan pendidikan agama Khonghucu pada tingkat sekolah dasar yaitu kualifikasi
guru, perangkat pembelajaran yang tidak memadahi, proses pembalajaran yang monoton, ketidakmampuan
guru pendidikan agama Khonghucu untuk bergaul dan sharing pendapat dengan pimpinan dan teman
sejawat, monitoring pimpinan sekolah dan Majelis agama Khonghucu (MAKIN) yang belum maksimal,
serta ketiadaan buku pelajaran bagi siswa Khonghucu.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).