IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MADRASAH ALIYAH PUTERI AISYIAH DI PALU

Authors

  • Mujizatullah Mujizatullah Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v20i1.181

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pendidikan karakter secara monolitik
atau di integrasikan pada setiap mata pelajaran, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan
pembelajaran tersebut. Studi ini dilakukan di Madrasah Aliyah putri Aisyiah dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter
dilaksanakan secara monolitik terlihat pada pelajaran aqidah akhlak, pengintegrasian pendidikan
karakter terlihat pada proses pembelajaran pendahuluan, inti, dan penutup. Pembiasaan, pengembangan
diri, karakteristik madrasah melalui pencitraan, dan komponen pendidikan, metode serta pendekatan
yang digunakan dipadukan dengan metode berbasis pesantren, siswa diasramakan, sekolah dan
asrama gratis. Salah satu faktor penghambat: adalah masih terdapat guru mengajar tidak sesuai dengan
kompetensi profesional, pihak madrasah dan pihak asrama belum sinergi dalam menentukan kegiatan
ekstrakurikuler yang berhubungan dengan pendidikan karakter.

Additional Files

Published

2016-01-09

Issue

Section

Articles