IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MADRASAH ALIYAH PUTERI AISYIAH DI PALU
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v20i1.181Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pendidikan karakter secara monolitik
atau di integrasikan pada setiap mata pelajaran, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan
pembelajaran tersebut. Studi ini dilakukan di Madrasah Aliyah putri Aisyiah dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter
dilaksanakan secara monolitik terlihat pada pelajaran aqidah akhlak, pengintegrasian pendidikan
karakter terlihat pada proses pembelajaran pendahuluan, inti, dan penutup. Pembiasaan, pengembangan
diri, karakteristik madrasah melalui pencitraan, dan komponen pendidikan, metode serta pendekatan
yang digunakan dipadukan dengan metode berbasis pesantren, siswa diasramakan, sekolah dan
asrama gratis. Salah satu faktor penghambat: adalah masih terdapat guru mengajar tidak sesuai dengan
kompetensi profesional, pihak madrasah dan pihak asrama belum sinergi dalam menentukan kegiatan
ekstrakurikuler yang berhubungan dengan pendidikan karakter.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).