PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ALQURAN HADIS MADRASAH ALIYAH (MA) DI SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v20i1.178Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan
pemahaman siswa kelas sebelas Madrasah Aliyah MA di Kota Samarinda. Masalah utama penelitian ini
adalah bagaimana efektifitas model pembelajaran yang dikembangkan dalam meningkatkan pemahaman
siswa kelas Teori yang terkait adalah konsep model pembelajaran kooperatif, pendekatan grup investigasi
secara teoritis, hakekat pengajaran Alquran dan hadis serta karakteristik siswa Madrasah Aliyah. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan teknik pengumpulan data
observasi, dokumentasi, wawancara, angket dan tes. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa; a)
hasil uji coba terbatas dan uji coba luas dengan tiga kategori Madrasah Eksperimen (ME) menunjukkan
adanya peningkatan signifikan pemahaman siswa kelas XI dalam mata pelajaran Alquran hadis setelah
perlakuan model hasil pengembangan (μ ≤ 0,05); b) hasil uji validasi menunjukkan adanya perbedaan
pemahaman signifikan antara skor rata-rata posttest kelompok Madrasah Eksperimen dengan skor ratarata
posttest kelompok Madrasah Kontrol (μ ≤ 0,05). Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif
tipe grup investigasi hasil pengembangan, efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas sebelas
pada mata pelajaran Alquran Hadis.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).