PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ALQURAN HADIS MADRASAH ALIYAH (MA) DI SAMARINDA

Authors

  • Muhammad Nasir Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda Kalimantan Timur Jl. KH. Abul Hasan No.3 Samarinda Kalimantan Timur Tlp. 0541-742193

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v20i1.178

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan
pemahaman siswa kelas sebelas Madrasah Aliyah MA di Kota Samarinda. Masalah utama penelitian ini
adalah bagaimana efektifitas model pembelajaran yang dikembangkan dalam meningkatkan pemahaman
siswa kelas Teori yang terkait adalah konsep model pembelajaran kooperatif, pendekatan grup investigasi
secara teoritis, hakekat pengajaran Alquran dan hadis serta karakteristik siswa Madrasah Aliyah. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan teknik pengumpulan data
observasi, dokumentasi, wawancara, angket dan tes. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa; a)
hasil uji coba terbatas dan uji coba luas dengan tiga kategori Madrasah Eksperimen (ME) menunjukkan
adanya peningkatan signifikan pemahaman siswa kelas XI dalam mata pelajaran Alquran hadis setelah
perlakuan model hasil pengembangan (μ ≤ 0,05); b) hasil uji validasi menunjukkan adanya perbedaan
pemahaman signifikan antara skor rata-rata posttest kelompok Madrasah Eksperimen dengan skor ratarata
posttest kelompok Madrasah Kontrol (μ ≤ 0,05). Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif
tipe grup investigasi hasil pengembangan, efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas sebelas
pada mata pelajaran Alquran Hadis.

Additional Files

Published

2016-01-09

Issue

Section

Articles