PEMETAAN KUALITAS MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN BONE BOLANGO PROVINSI GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v20i1.172Abstract
Penelitian kualitas Madrasah Aliyah ini bertujuan untuk menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan
delapan komponen Standar Nasional Pendidikan di Madrasah Aliyah sebagaimana yang tertuang dalam
Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 yang diperbaharui dengan PP nomor 23 tahun 2013,
kemudian mempetakannya dalam matrik yang sederhana. Studi ini dilakukan pada Madrasah Aliyah
Negeri dan swasta di Kabupaten Bone Bolango provinsi Gorontalo menggunakan pendekatan kualitatif
dan pengamatan secara langsung implementasi kedelapan komponen Standar Nasional Pendidikan.
Hasil dari studi ini menyimpulkan madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam, terutama manajemen
pengelolaan standar nasional pendidikan menuju madrasah yang memiliki integritas, akuntabilitas,
dan kredibilitas, Ada delapan hal yang menjadi pemikiran kritis menuju madrasah berkualitas secara
umum yang kemudian diistilahkan dengan delapan Strategi Nilai Pilihan, yakni (1) membuat kurikulum
inovatif (2) penambahan jam pelajaran; (3) lulus di atas 95% di perguruan tinggi pavorit (4) terjagannya
profesional pendidik; (5) sarana dan prasarana memadai; (6) pembiayaan di atas rata-rata; (7) pengelolaan
manajemen pendidikan berjalan baik (8) sistem penilaian di atas SNP, dimana kedelapan hal tersebut
menjadi tantangan bagi madrasah yang ingin dikatakan berkualitas.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).