PEMETAAN KUALITAS MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN BONE BOLANGO PROVINSI GORONTALO

Authors

  • Baso Marannu Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v20i1.172

Abstract

Penelitian kualitas Madrasah Aliyah ini bertujuan untuk menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan
delapan komponen Standar Nasional Pendidikan di Madrasah Aliyah sebagaimana yang tertuang dalam
Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 yang diperbaharui dengan PP nomor 23 tahun 2013,
kemudian mempetakannya dalam matrik yang sederhana. Studi ini dilakukan pada Madrasah Aliyah
Negeri dan swasta di Kabupaten Bone Bolango provinsi Gorontalo menggunakan pendekatan kualitatif
dan pengamatan secara langsung implementasi kedelapan komponen Standar Nasional Pendidikan.
Hasil dari studi ini menyimpulkan madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam, terutama manajemen
pengelolaan standar nasional pendidikan menuju madrasah yang memiliki integritas, akuntabilitas,
dan kredibilitas, Ada delapan hal yang menjadi pemikiran kritis menuju madrasah berkualitas secara
umum yang kemudian diistilahkan dengan delapan Strategi Nilai Pilihan, yakni (1) membuat kurikulum
inovatif (2) penambahan jam pelajaran; (3) lulus di atas 95% di perguruan tinggi pavorit (4) terjagannya
profesional pendidik; (5) sarana dan prasarana memadai; (6) pembiayaan di atas rata-rata; (7) pengelolaan
manajemen pendidikan berjalan baik (8) sistem penilaian di atas SNP, dimana kedelapan hal tersebut
menjadi tantangan bagi madrasah yang ingin dikatakan berkualitas.

Additional Files

Published

2016-01-09

Issue

Section

Articles