PERSEPSI DAN TINGKAT PARTISIPASI SUKU BAJO TERHADAP PEDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v20i1.169Abstract
Tujuan penelitian: 1) mendapatkan gambaran yang tepat mengenai pola dan orientasi hidup Suku Bajo;
2) mengungkapkan persepsi Suku Bajo tentang pendidikan Islam. 3) memahami tingkat partisipasi Suku
Bajo terhadap pendidikan Islam. Dari penelitian ditemukan bahwa: 1) Pola hidup berorientasi laut pada
Suku Bajo, karena laut dijadikan sebagai lumbung makanan, obat, lalu lintas, tempat menguatkan badan,
tempat tinggal, sahabat dan tempat bersemayam roh nenek moyangnya. 2) Kemudian persepsi orang
tua Bajo tentang pendidikan Islam masih sangat negatif, lemah, belum diminati dan belum dibutuhkan,
karena ilmu yang dibutuhkan adalah ilmu mencari ikan, ilmu itu telah diwarisi dari leluhurnya dan
tidak mempunyai waktu untuk bersekolah di darat. 3)Tingkat partisipasi Suku Bajo terhadap pendidikan
masih sangat rendah karena sepanjang waktu beraktivitas di laut.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).