IMPLEMENTING OF DISTANCE LEARNING AT MTsN 1 MAKASSAR, SOUTH SULAWESI

Authors

  • Syarifuddin Idris IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Muhammad Rais Balai Litbang Agama Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v28i1.1029

Keywords:

implementasi, pembelajaran jarak jauh, e-learning, media daring

Abstract

Penelitian ini diorientasikan untuk mendeskripsikan pola pembelajaran jarak jauh, yang diterapkan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Makassar sebagai respon maupun penyikapan pihak madrasah terhadap instruksi pemerintah via Kementerian Agama, agar mengalihkan pembelajaran yang lazin dilakukan di ruang kelas ke rumah masing-masing peserta didik melalui media virtual,  sebagai antipasti agar peserta didik, pendidik, serta tenaga kependidikan lainnya untuk terhindari dari wabah covid-19 yang kini melanda seluruh kawasan Nusantara dan global. Dengan memanfaatkan metode riset kualitatif, data serta informasi mengenai terobosan yang dipilih tersebut dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap kalangan informan, meliputi: kepala madrasah, guru, peserta didik, dan orang tua/wali murid. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada beberapa platform pembelajaran yang digunakan pendidik selama masa belajar dari rumah, yakni platform pembelajaran jarak jauh, diantaranya e-learning madrasah yang di-delivery Kementerian Agama untuk melayani segenap madrasah di seluruh Indonesia, e-learning madrasah yang dibangun diinternal madrasah sendiri, whats upp, dan media pembelajaran virtual lainnya yang relevan. Platform media daring ini digunakan pendidik dalam proses pembelajaran, baik dalam bentuk penugasan, absensi, dan monitoring guru melalui komunikasi intensif dengan orang tua/wali. Terobosan ini dinilai kalangan stakeholders efektif di tengah kondisi yang serba terbatas akibat pendemi ini. Meskipun tidak dinafikan bahwa ada sebagian kecil peserta didik yang karena keterbatasan ekonomi sehingga tidak selalu maksimal dalam mengakses pembelajaran ini, misalnya ketiadaan laptop, handphone, dan biaya untuk membeli quota internet.

References

Creswell, John W, 2009. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches, Los Angeles: SAGE Publication, Inc.

Daymon, Christine, and Immy Holloway, 2002. Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communications, New York: Routledge.

Gagne, Robert M. 1970. The Conditions of Learning, USA: Holt, Rinehart and Winston Inc.

Keegan, Desmond, 2000. Theoritical Principles of Distance Education, New York: Routledge.

Ledford, Bruce. L, Philips J. Sleeman, 2000. Instructional Design: A Primer, Connecticut, USA: Information Age Publishing.

Neuman, W. Lawrence, 2014. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches, USA: Pearson Education, Inc.

Sukemi, “Dunia Pendidikan Pasca Pamdemi,†Jawa Pos, 4/5/2020

Tynan, B, et.al, 2013. Outlooks and Opportunities in Blended and Distance Learning, USA, IGI Global.

Yaumi, Muhammad, 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media

Weiss, Joel, et.all, 2006. The Internationa Handbook of Virtual Learning Environments, Vol I, The Netherland: Springer.

Additional Files

Published

2022-06-29

Issue

Section

Articles