IMPLEMENTING OF DISTANCE LEARNING AT MTsN 1 MAKASSAR, SOUTH SULAWESI
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v28i1.1029Keywords:
implementasi, pembelajaran jarak jauh, e-learning, media daringAbstract
Penelitian ini diorientasikan untuk mendeskripsikan pola pembelajaran jarak jauh, yang diterapkan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Makassar sebagai respon maupun penyikapan pihak madrasah terhadap instruksi pemerintah via Kementerian Agama, agar mengalihkan pembelajaran yang lazin dilakukan di ruang kelas ke rumah masing-masing peserta didik melalui media virtual, Â sebagai antipasti agar peserta didik, pendidik, serta tenaga kependidikan lainnya untuk terhindari dari wabah covid-19 yang kini melanda seluruh kawasan Nusantara dan global. Dengan memanfaatkan metode riset kualitatif, data serta informasi mengenai terobosan yang dipilih tersebut dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap kalangan informan, meliputi: kepala madrasah, guru, peserta didik, dan orang tua/wali murid. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada beberapa platform pembelajaran yang digunakan pendidik selama masa belajar dari rumah, yakni platform pembelajaran jarak jauh, diantaranya e-learning madrasah yang di-delivery Kementerian Agama untuk melayani segenap madrasah di seluruh Indonesia, e-learning madrasah yang dibangun diinternal madrasah sendiri, whats upp, dan media pembelajaran virtual lainnya yang relevan. Platform media daring ini digunakan pendidik dalam proses pembelajaran, baik dalam bentuk penugasan, absensi, dan monitoring guru melalui komunikasi intensif dengan orang tua/wali. Terobosan ini dinilai kalangan stakeholders efektif di tengah kondisi yang serba terbatas akibat pendemi ini. Meskipun tidak dinafikan bahwa ada sebagian kecil peserta didik yang karena keterbatasan ekonomi sehingga tidak selalu maksimal dalam mengakses pembelajaran ini, misalnya ketiadaan laptop, handphone, dan biaya untuk membeli quota internet.
References
Creswell, John W, 2009. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches, Los Angeles: SAGE Publication, Inc.
Daymon, Christine, and Immy Holloway, 2002. Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communications, New York: Routledge.
Gagne, Robert M. 1970. The Conditions of Learning, USA: Holt, Rinehart and Winston Inc.
Keegan, Desmond, 2000. Theoritical Principles of Distance Education, New York: Routledge.
Ledford, Bruce. L, Philips J. Sleeman, 2000. Instructional Design: A Primer, Connecticut, USA: Information Age Publishing.
Neuman, W. Lawrence, 2014. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches, USA: Pearson Education, Inc.
Sukemi, “Dunia Pendidikan Pasca Pamdemi,†Jawa Pos, 4/5/2020
Tynan, B, et.al, 2013. Outlooks and Opportunities in Blended and Distance Learning, USA, IGI Global.
Yaumi, Muhammad, 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media
Weiss, Joel, et.all, 2006. The Internationa Handbook of Virtual Learning Environments, Vol I, The Netherland: Springer.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).