RHETORIC KNOWLEDGE AND PERSONAL REPUTATION OF DAI IN FASILITATING MAD'U RECEIVING DA’WAH MESSAGES
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v28i1.1017Keywords:
Dai, reputasi dan retorikaAbstract
Kegiatan dakwah menjadi salah satu dari sekian banyak proses komunikasi. Pada konteks ini melibatkan seorang Dai yang bertindak sebagai komunikator dalam penyampaian pesan kepada mad’u/ audiens / khalayak. Retorika menjadi strategi komunikasi yang digunakan untuk mencapai keberhasilan sebuah proses penyampaian pesan. Hal tersebut secara tidak langsung membentuk reputasi seseorang dimata publik. Aspek retorika yang kuat tentu saja mampu membangun reputasi diri (personality reputation) sehingga mampu menjadi “top of mind†di benak masyarakat dan mendapatkan pengakuan akan keberadaannya. Tujuan penulisan ini adalah memberikan gambaran mengenai pentingnya pengetahuan akan teknik retorika dan reputasi diri calon Dai dalam  membangun, menciptakan dan menjaga reputasi diri sebagai penyampai pesan dakwah. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan studi pustaka berupa artikel ilmiah dan hasil penelitian serupa. Hasil dan kesimpulan yang ditemukan adalah terdapat beberapa hal yang menjadi indikator keberhasilan penyampaian pesan dakwah terkait teknik retorika dalam upaya menjaga reputasi diri. Indikator seperti teknik retorika yang lebih interaktif, kesesuaian dakwah dengan kebutuhan mad’u, dan lainnya. Sedangkan upaya reputasi diri dapat dilakukan dengan beberapa hal seperti disiplin waktu, memperhatikan penampilan baik pada saat tampil maupun dalam kehidupan sehari-hari, dan juga latar belakang pendidikan yang sesuai.
Â
Kata Kunci : Dai, reputasi dan retorika
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).