HUBUNGAN MESIR-INDONESIA DALAM MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v24i2.530Keywords:
pendidikan Islam, Indonesia, modernAbstract
Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia memainkan peran yang penting dan strategis dalam membawa peradaban Indonesia ke depan. Sebagai usaha penelusuran model modernisasi, negara Mesir nampak mempunyai peran yang besar dalam memberi warna modernisasi pendidikan Indonesia. Penelitian ingin menjawab pertanyaan bagaimana pengaruh Mesir dalam modernisasi Pendidikan di Indonesia. Jenis penelitian ini termasuk kajian kualitatif dengan pendekatan kajian historis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan Indonesia – Mesir sudah berjalan ratusan tahun, dan pendidikan Mesir mempunyai corak modern dan moderat sehingga model Mesir dipandang cocok untuk menjadi model pembaharuan pendidikan Indonesia .References
Arifin, Syamsul, Nalar Multi Kulturalisme Kebangsaan Dalam Merespon Gerakan-Gerakan Islam Transnasional Di Indonesia, (PSIF-UMM, 13 April 2013)
Azra, Azyumardi. Jaringan Keilmuan Indonesia-Mesir. Republika, 16 Nopember 2017
Eliraz, Giora. “The Islamic Reformist Movement in the Malay-Indonesian World in the First Four Decades of the 20'h Century: Insights Gained from a Comparative Look at Egypt.” Studia Islamika, VoL 9, No.2, 2002
Fachir, AM. Jauh di Mata Dekat di Hati: Potret Hubungan Indonesia Mesir. Cairo: Kedutaan Besar Republik Indonesia Mesir, 2010
Nasution, Khoirudin. “Gerakan Militan Islam Mesir dan Relevansinya dengan Politik Islam Indonesia: Studi Gerakan Ikhwan al-Muslimun,” UNISIA. No. 41/XXII/IV/2000
Usman, “Model Deradikalisasi Narapidana Terorisme Studi Perbandingan Deradikalisasi Di Yaman, Arab Saudi, Singapura, Mesir Dan Indonesia.” Inovatif. Volume VII Nomor II Mei 2014
Rahman, Suranta Abd., Diplomasi RI di Mesir dan Negara-Negara Arab pada Tahun 1947, WACANA, Vol. 9 No. 2, Oktober 2007
Sinbathi, Muhammad Ahmad. Hadharatuna fi Indonesia, Kuwait: Darul al-Qalam, 1982, h. 193-194.
Sukino, Arief, “Dinamika Pendidikan Islam Di Mesir Dan Implikasinya Terhadap Transformasi Keilmuan Ulama Nusantara,” Studia Didaktika, IAIN Pontianak, Vol.10 No.1 Tahun 2016
Tambak, Syahraini. Eksistensi Pendidikan Islam Al Azhar: Sejarah Sosial Kelembagaan dan Pengaruhnya terhadap Kemajuan Pendidikan Islam Era Moderniasisi di Mesir. Jurnal At-Thariqah, Vol. 1 No. 2 Desember 2016
Artikel
“Deklarasi Lombok Alumni Al Azhar,” Republika.co.id, 20 Oktober 2017
“UIN Bisa Buka Fakultas Kedokteran,” Republika.co.id, Kamis 2 Nopember 2017
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).












