EVALUASI PENEGERIAN MADRASAH

Authors

  • Faridah Hanum Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Jl. Thamrin no 6 Jakarta Pusat. No tlpn/fax. 021.3920379

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v21i2.230

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas penyelengaraan madrasah setelah dinegerikan.
Penelitian evaluasi penegerian madrasah menggunakan metode survey pada Madrasah Negeri (MI, MTs
dan MA) yang tersebar di 12 propinsi meliputi: Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Banten, Sumsel, Riau, Babel,
Lampung, Kalsel, Sulawesi Utara dan Bali. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Telah terjadi perubahan
sistem pengelolaan madrasah yang dinegerikan terkait dengan perekrutan, manajemen, pendidik
dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, dan kesiswaan; 2) Kendala dalam pengelolaan madrasah
mencakup keterbatasan sarana prasarana, rendahnya anggaran dari pemerintah, dan rendahnya
kompetensi guru; 3) Kebijakan penegerian madrasah membawa pengaruh terhadap meningkatnya
prestasi akademik dan non akdemik siswa serta tingginya animo masyarakat; dan 4) Strategi pemerintah
meningkatkan mutu madrasah dilakukan melalui perbaikan manajemen kurikulum, kesiswaan, sarana
prasarana, pendidik dan tenaga kependidikan, keuangan dan hubungan masyarakat.

Additional Files

Published

2016-01-10

Issue

Section

Articles