PENANGGULANGAN ALIRAN BERMASALAH DI MAN MODEL TERNATE

Authors

  • M. Sofyan BR Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v20i2.188

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya madrasah terhadap penanggulangan aliran
keagamaan yang ditengarai sebagai aliran bermasalah menurut perspektif masyarakat setempat.
Penanggulangan yang dilakukan oleh madrasah dicermati melalui wawacara, observasi, dan studi
dokumentasi terhadap upaya yang dilakukan madrasah, baik melalui dokumen pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, ataupun kegiatan tambahan dalam berbagai bentuk. Hasil penelitian menunjukkan,
dominan penanggulangan dilakukan dalam bentuk pencegahan untuk menghindarkan siswa terlibat
dalam aliran bermasalah. Kegiatan pencegahan juga melibatkan pihak luar madrasah.

Additional Files

Published

2016-01-09

Issue

Section

Articles