THE RESISTANCE OF THE YELLU COMMUNITY TO FORMAL ISLAMIC EDUCATION: SAUTUBAH TRADITION IN YELLU VILLAGE, SOUTH MISOOL, RAJA AMPAT

Authors

  • Muhammad Rusdi Rasyid IAIN Sorong STAIN Sorong
  • Sudirman Sudirman IAIN Sorong STAIN Sorong
  • Rosdiana Rosdiana IAIN Sorong STAIN Sorong
  • Indria Nur IAIN Sorong STAIN Sorong

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v28i1.1021

Abstract

Resistensi masyarakat Yellu terhadap pendidikan Islam formal dalam tradisi sautubah telah menimbulkan persoalan di tengah masyarakat sekaligus mengesampingkan pendidikan formal. Tulisan ini bertujuan menguji bagaimana hubungan antara tradisi sautubah dengan pendidikan formal pada masyarakat Yellu Misool Raja Ampat. Data penelitian ini bersumber dari wawancara tokoh masyarakat dan tokoh agama di kampung Yellu Misool Raja Ampat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat resistensi masyarakat terhadap pendidikan Islam formal dalam praktik sautubah, masyarakat yang dibolehkan menjadi khatib Jumat hanyalah orang yang telah dikader secara adat (khusus). Kondisi ini mengingkari kualifikasi keilmuan akademisi, ustadz, kiyai ataupun cendekiawan, ilmuan dan ulama untuk menjadi khatib. Sejalan dengan itu, tulisan ini menyarankan perlunya suatu korelasi antara adat dan literatur fikih dalam menjalankan agama.

Keywords: Resistensi, Tradisi Sautubah, Pendidikan Islam Formal

 

Author Biography

Muhammad Rusdi Rasyid, IAIN Sorong STAIN Sorong

Dosen Pascasarjana IAIN Sorong

References

DAFTAR PUSTAKA

Adzkia, S. F., Sunarto, & Prodi, H. (2016). RESISTENSI LARAS MADYA DUSUN SUCEN DESA TRIHARJO KECAMATAN SLEMAN YOGYAKARTA. Catharsis: Journal of Arts Education.

Ahmad, A. K. (2018). DEMENSI BUDAYA LOKAL DALAM TRADISI HAUL DAN MAULIDAN BAGI KOMUNITAS SEKARBELA MATARAM. Al-Qalam. https://doi.org/10.31969/alq.v9i2.596

Al-Falah, A., Supiah, S., & Posangi, S. S. (2019). Pengelolaan Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i1.1055

Ampat, B. P. S. K. R. (2019). DISTRIK MISOOL SELATAN DALAM ANGKA 2019 BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN RAJA AMPAT. In B. P. S. K. R. Ampat (Ed.), Badan Pusat Statistik (p. 17). Badan Pusat Statistik Kabupaten Raja Ampat. https://doi.org/1102001.9108011

Athoillah, M. A., & Wulan, E. R. (2019). Transformasi Model Pendidikan Pondok Pesantren di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Nasional.

Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.

Darlis, A. (2017). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Antara Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal Dan Formal. Jurnal Tarbiyah, XXIV(1), 84–103.

Hariyanto, H. (2018). The Wayang Performance of Enthus Susmono: A Resistance of Tegal-Pesisiran Identity in Breaking the Tradition Hegemony. Dance & Theatre Review. https://doi.org/10.24821/dtr.v1i1.2246

Hermanto, B., Syahril, S., & Kurdi, M. (2020). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN WIRAUSAHA BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-ITTIHAD. Jurnal ABDIRAJA. https://doi.org/10.24929/adr.v3i2.902

Husmiaty Hasyim. (2015). Transformasi Pendidikan Islam ( Konteks Pendidikan Pondok Pesantren ). Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim.

Indria Nur et al. (2020). Islam Misool : Internalization Of Islamic Values In The Frama Of Local Culture In Misool Island, Raja Ampat West Papua,. Indria Nur et Al., “Islam Misool : Internalization Of Islamic Values In The Frama Of Local Culture In Misool Island, Raja Ampat West Papua,†International Journal of Psychosocial Rehabilitation 24, No. 08 (2020): 6635–6648., 24, 6635.

Jalil, A. (2019). Resistensi Tradisi Terhadap Modernitas. Umbara. https://doi.org/10.24198/umbara.v2i2.20451

Kamal, F. (2018). Transformasi Pendidikan Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Abad 21. Jurnal Paramurobi.

Karmila, A. I. S. W. U. R. N. (2016). RESISTENSI PEREMPUAN TERHADAP TRADISI-TRADISI DI PESANTREN ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN. Jurnal Kawistara. https://doi.org/10.22146/kawistara.15520

Kasman, A. (2018). Pendidikan madrasah sebagai sub-sistem pendidikan nasional. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam.

Khanifa, N. K. (2018). RESISTENSI ATAS PENGENDALIAN TEMBAKAU TERHADAP HAK-HAK EKONOMI, SOSIAL, DAN BUDAYA DI KALANGAN PETANI SRINTHIL. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 5(1), 49. https://doi.org/10.21580/wa.v5i1.2562

Lodra, I. N. (2020). Analisis Wacana Resistensi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Sebagai Budaya Global Oleh Pelaku Seni Indonesia Khususnya Di Bali. Mudra Jurnal Seni Budaya. https://doi.org/10.31091/mudra.v35i3.1112

Maksum, A. (2016). MODEL PENDIDIKAN TOLERANSI DI PESANTREN MODERN DAN SALAF. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 81. https://doi.org/10.15642/pai.2015.3.1.81-108

Muhammad, N. (2017). Resistensi Masyarakat Urban dan Masyarakat Tradisional dalam Menyikapi Perubahan Sosial. Substantia, 19(2), 149–168.

Mustofa, N. . (2019). Analisis Makna Tanda Pada Film Kartini:Resistensi Perempuan Terhadap Budaya Patriarki. Skripsi.

Naharudin, N. (2019). Pendidikan Islam Multikultural Sebagai Modal Sosial Budaya Masyarakat Pluralis (Studi Tradisi Ngejot di Desa Lenek Kecamatan Aikmel Lombok Timur NTB). JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 101. https://doi.org/10.36312/jupe.v4i5.842

Nur, I. (2020). TRANSMISI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BINGKAI BUDAYA LOKAL (Studi Etnografi Pada Masyarakat Muslim Misool Raja Ampat). [Universitas Muhammadiyah Malang]. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/65666

Pratama, Y. A. (2019). INTEGRASI PENDIDIKAN MADRASAH DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (Studi kebijakan Pendidikan Madrasah di Indonesia). Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3838

Rahmawati, S. (2019). Resistensi Perempuan Multikultural dalam Karya Sastra Indonesia (Kajian Berperspektif Feminis). MABASAN. https://doi.org/10.26499/mab.v3i2.117

Rasyid, M. R. (2015). EKSISTENSI PESANTREN DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 7(1), 127–139.

Samiyono, D. (2013). RESISTENSI AGAMA DAN BUDAYA MASYARAKAT. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. https://doi.org/10.21580/ws.2013.21.2.244

Sugandi, A., Tanjung, H. B., & Rusli, R. K. (2017). PERAN PONDOK PESANTREN (PONPES) MODERN DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT. TADBIR MUWAHHID, 1(2), 99. https://doi.org/10.30997/jtm.v1i2.950

Sumarmi, S. (2015). Local Wisdom of Osing People in Conserving Water Resources. KOMUNITAS: INTERNATIONAL JOURNAL OF INDONESIAN SOCIETY AND CULTURE. https://doi.org/10.15294/komunitas.v7i1.3429

Thaib, E. J. (2018). DAKWAH KULTURAL DALAM TRADISI HILEYIA PADA MASYARAKAT KOTA GORONTALO. Al-Qalam, 24(1), 138. https://doi.org/10.31969/alq.v24i1.436

Turaeni, N. N. T. (2010). Resistensi Perempuan Multikultural dalam Novel Seroja Karya Sunaryono Basuki: Kajian Feminis. ATAVISME. https://doi.org/10.24257/atavisme.v13i2.136.257-264

Wahyuni, D. (2019). Resistensi Masyarakat Petalangan Mempertahankan Kearifan Lokal dalam “Kemantan Muda Roh Belian". Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.26499/bahasa.v1i1.21

Widiana, N. (2016). PERGUMULAN ISLAM DENGAN BUDAYA LOKAL Studi Kasus Masyarakat Samin di Dusun Jepang Bojonegoro. Jurnal THEOLOGIA, 26(2), 198–215. https://doi.org/10.21580/teo.2015.26.2.428

Yumitro, G., & Prasetya, D. M. (2018). PESANTREN’S RESISTANCE AGAINST CULTURAL GLOBALIZATION. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.30821/miqot.v41i2.391

Zaini, M. (2017). CERITA LISAN “YONG DOLLAHâ€: PEWARISAN DAN RESISTENSI BUDAYA ORANG MELAYU BENGKALIS. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.31503/madah.v5i1.520

Additional Files

Published

2022-06-29

Issue

Section

Articles