SEKOLAH ALAM LAMPUNG: WADAH PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Authors

  • Nur Alia Balai Penelitian dan Pengembagan Agama Jakarta Jl. Rawa Kuning Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v20i2.193

Abstract

Tulisan ini menyajikan hasil penelitian mengenai pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI) di Sekolah Alam Lampung, termasuk di dalamnya metode pembelajaran serta faktor pendukung
dan penghambat pelaksanaan PAI. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif ini dilakukan
di Sekolah Alam Lampung pada tahun 2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI
di Sekolah Alam Lampung menggunakan metode keteladanan, integrasi PAI ke dalam semua mata
pelajaran dengan menggunakan model spiderweb, integrasi PAI dalam intra/ekstra-kurikuler, melibatkan
seluruh komponen sekolah dan orang tua, mengutamakan praktek dan pengalaman, dan memanfaatkan
alam sebagai media pembelajaran. Faktor pendukung berupa kebebasan guru untuk mengeksplorasi
metode dan strategi pembelajaran, lingkungan yang kondusif, dan pandangan positif orang tua terhadap
tenaga pendidik. Sementara faktor penghambat berkaitan dengan keterbatasan sumber daya tenaga
pendidik, perbedaan kemampuan pemahaman agama peserta didik, serta masyarakat yang belum dapat
sepenuhnya menerima keberadaan sekolah alam.

Additional Files

Published

2016-01-09

Issue

Section

Articles