SEKOLAH ALAM LAMPUNG: WADAH PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Nur Alia

Abstract


Tulisan ini menyajikan hasil penelitian mengenai pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI) di Sekolah Alam Lampung, termasuk di dalamnya metode pembelajaran serta faktor pendukung
dan penghambat pelaksanaan PAI. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif ini dilakukan
di Sekolah Alam Lampung pada tahun 2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI
di Sekolah Alam Lampung menggunakan metode keteladanan, integrasi PAI ke dalam semua mata
pelajaran dengan menggunakan model spiderweb, integrasi PAI dalam intra/ekstra-kurikuler, melibatkan
seluruh komponen sekolah dan orang tua, mengutamakan praktek dan pengalaman, dan memanfaatkan
alam sebagai media pembelajaran. Faktor pendukung berupa kebebasan guru untuk mengeksplorasi
metode dan strategi pembelajaran, lingkungan yang kondusif, dan pandangan positif orang tua terhadap
tenaga pendidik. Sementara faktor penghambat berkaitan dengan keterbatasan sumber daya tenaga
pendidik, perbedaan kemampuan pemahaman agama peserta didik, serta masyarakat yang belum dapat
sepenuhnya menerima keberadaan sekolah alam.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v20i2.193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

Office

  

address icon red

 Jalan Andi Pangeran Pettarani, District Makassar, No 72, Pos Code: 90222, Gedung Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar, City Sulawesi Selatan, Indonesia  
  jurnalalqalam@kemenag.go.id 
  http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam 
  Phone: +62 81356100100
Fax: +62 411452982
 
 

Indexed by :

        

  

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats