SYARA’ JUDGE LEADERSHIP FOR THE DEVELOPMENT OF ISLAMIC EDUCATION THROUGH MOSQUE INSTITUTIONS IN MISOOL RAJA AMPAT
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v30i2.1472Keywords:
Islamic education, leadership, mosque, syara’ judgeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan transformatif yang dijalankan oleh hakim syara' dalam memajukan pendidikan Islam melalui masjid di Pulau Misool, Raja Ampat. Penelitian ini mengadopsi desain penelitian lapangan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan selama empat bulan, dengan melibatkan hakim syara', tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, anggota Majelis Taklim (kelompok studi agama wanita), dan warga masyarakat sebagai informan. Dengan menerapkan teori kepemimpinan transformatif bersama dengan konsep ashabiyah (solidaritas) Ibnu Khaldun, temuan penelitian mengungkapkan bahwa model kepemimpinan hakim syara' mewujudkan pendekatan asabiya (genealogis) transformatif. Pendekatan ini mendorong pembangunan melalui lembaga masjid, seperti yang terlihat dalam inisiatif seperti transisi teks khotbah Jumat dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia (Melayu), pembentukan Majelis Taklim, pelaksanaan program pendidikan Al-Qur'an, pembentukan kelompok Pemuda Masjid Darussalam, mengizinkan tamu terhormat di luar klan Bugis setempat untuk menjadi Imam, dan mengundang pembicara ke desa Lilinta. Dampak kepemimpinan hakim syara' terhadap pengembangan pendidikan Islam di Desa Lilinta Misool antara lain revitalisasi fungsi masjid, peningkatan pemahaman keagamaan masyarakat desa, dan pembinaan perubahan perilaku keagamaan warga Desa Lilinta.
References
Bass, B. M., Avolio, B. J., & Binghamton, S.-. (1985). Transformational Leadership and Organizational Culture (Vol. 17, Issue 1).
Bustari, Arif, M., Yunita, N., & Sari, N. C. (2020). Kepemimpinan Transformatif Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Produ:Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 153–164. https://doi.org/10.24239/pdg.vol7.iss2.23
Hidayaturrokhman, T., & Kusumawati, R. (2020). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Dewan Pelaksana Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 11–22. https://doi.org/10.31942/akses.v15i1.3357
Istikhori. (2017). Pemikiran ’ Abd Al -Rahman Al-Nahlawi Tentang Pendidikan Masyarakat Berbasis Masjid (Studi kitab Ushul al -Tarbiyah al-Islamiyyah wa Asalibuha FI al-Bait wa Al-Madrasah wa al-Mujtama’. Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam, 06(12), 1–20.
Lutpiyah, E., Fachruddin, T., & Aliyudin, A. (2019). Peran Kepemimpinan Ketua DKM Dalam Meningkatkan Kinerja Staf. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 4(1), 37–56. https://doi.org/10.15575/tadbir
Mahmudi, I. (2019). Urgensi Perilaku Keagamaan Pada Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 3(1).
Mas’adah, I. (2021). Kepemimpinan Dalam Pandangan Filsuf Arab (Studi Kitab Muqaddimah Karya Ibnu Khaldun). Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 20(2), 174–187. https://doi.org/10.18592/jiiu.v20i2.5441
Nahlawi, A. al R. (2005). Ushul Al-Tarbiyah al Islamiyyah wa Asalibuha: Fi al-Bait wa al Madrasag wa al Mujtama’. Dar al-Fikr.
Nengsih, S., Gusfira, R., & Pratama, R. (2020). Kepemimpinan Transformatif di Lembaga Pendidikan Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 38–54.
Nur, I., Tobroni, Ishomuddin, & Khozin. (2020a). Islam misool: Internalization of islamic values in the frame of local culture in Misool Island, Raja Ampat West Papua. International Journal of Psychosocial Rehabilitation. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I8/PR280686
Nur, I., Tobroni, Ishomuddin, & Khozin. (2020b). Islam Misool Raja Ampat Pendidikan Agama Islam dalam Bingkai Budaya Lokal. Literasi Nusantara.
Rakhmawati, I. (2016). Karakteristik Kepemimpinan Dalam Perspektif Manajemen Dakwah. TADBIR: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2), 171–188.
Rasyid, M. R. (2018). Pengembangan Pendidikan Islam Nonformal Aimas Kabupaten Sorong. TRANSFORMASI: Jurnal Kepemimpinan Dan Pendidikan Islam, 2(1), 36–56.
Rusmalita, S. (2016a). Potret Manajemen Masjid Di Pedesaan. Al-Hikmah, 10(1), 75–87. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v10i1.548
Rusmalita, S. (2016b). POTRET MANAJEMEN MASJID DI PEDESAAN. Al-Hikmah, 10(1). https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v10i1.548
Shalahuddin. (2016). Karakteristik Kepemimpinan Dalam. Media Neliti, 1(2), 171–188.
Shulhan, M. (2017). Dialektika Gaya Kepemimpinan Transformatif dan Madrasah Unggul dalam Perspektif Kebijakan Daya Saing Pendidikan Bermutu. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 263–292. https://doi.org/10.21274/taalum.2017.5.2.263-292
Syafiqurrahman, S., & Hosnan, M. (2019). Kepemimpinan Kiai. Tafhim Al-’Ilmi, 10(2), 17–41. https://doi.org/10.37459/tafhim.v10i2.3422
Yusra, A. F., & Zulmuqim, Z. (2022). Pendidikan Islam Masa Rasulullah dan Eksistensi Kuttab serta Masjid dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Kawakib, 2(2). https://doi.org/10.24036/kwkib.v2i2.28
Zainullah, Z., Mahfud, M., & Hairit, A. (2020a). Model Kepemimpinan Transformatif dalam Menciptakan Inovasi Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Islam. KUTTAB, 4(2). https://doi.org/10.30736/ktb.v4i2.273
Zainullah, Z., Mahfud, M., & Hairit, A. (2020b). Model Kepemimpinan Transformatif dalam Menciptakan Inovasi Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Islam. Kuttab, 4(2). https://doi.org/10.30736/ktb.v4i2.273
Zakaria, R. (2006). Kepemimpinan dan Optimalisasi Fungsi Fungsi Masjid. Al-Hikmah : Jurnal Ilmiah Dan Profesi Dakwah, VII(14), 88–104.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).