PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI II DAN PERSEPSI MASYARAKAT DI PALU SULAWESI TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v7i2.615Abstract
Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi akan mempengaruhi keberhasilan
membangun masyarakat maju
dan mandiri. Pembangunan Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi diarahkan agar
pemanfaatan, pengembangan, dan penguasaannya
dapat mempercepat proses
pembaharuan, meningkatkan produktivitas
dan efesiensi, memperluas lapangan
kerja meningkatkan kesejahteraan rakyat
(GBHN : 19.93).
Untuk menggapai semua itu, ditempuh
jalan yang paling bijak adalah
lewat pendidikan. Pendidikan merupakan
tanggung jawab bersama antara keluarga,
masyarakat dan pemerintah, termasuk
juga dalam hal biaya penyelenggaraan
pendidikan. Jenjang pendidikan
yang termasuk jalur pendidikan sekolah
terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan
menengah, dan pendidikan tinggi.
Pendidikan menengah terdiri atas
pendidikan menengah umum, pendidikan
menengah kejuruan, pendidikan menengah
luar biasa, pendidikan menengah
kedinasan," dan pendidikan menengah
keagamaan. Pendidikan menengah
umum adalah pendidikan pada jenjang
* Resume hasil penelitian ini diseminarkan
pada Seminar Agama dan Kemasyarakatan
pada tanggal 30 Nopember 1995 di Ujungpandang.
** Staf P e n e l i t i Balai P e n e l i t i a n Lektur
Keagamaan.
pendidikan menengah yang mengutamakan
perluasan pengetahuan dan peningkatan
keterampilan siswa. Sekolah
Menengah Umum (SMU) dan SMU
berciri khas agama Islam atau Madrasah
Aliyah (MA), yang mengutamakan
penyiapan siswa untuk melanjutkan
pendidikan pada jenjang pendidikan
tinggi dengan pengkhususan yang diwujudkan
pada tingkat-tingkat akhir masa
pendidikan (UU No. 2 : 1989 dan PP
No. 29 : 1990).
Madrasah Aliyah (MA) adalah
SMU yang berciri khas agama Islam
yang diselenggarakan oleh Departemen
Agama (SK Mendikbud Nomor
0489/U/1993 Pasal 1 butir 6).
Persepsi pada hakekatnya adalah
proses kognitif oleh setiap orang di
dalam menekuni informasi tentang lingkungannya.
baik lewat penglihatan, pendengaran,
penghayatan, perasaan dan
penciuman (Thoha, 1983 : 138).
Kunci untuk memahami persepsi
menurut Thoha, adalah terletak pada
pengenalan, bahwa persepsi itu merupakan
suatu penafsiran yang unik terhadap
situasi (stimulasi), bukannya suatu pencatatan
yang benar terhadap situasi tersebut
References
Clifford Geertz, Abangan. Santri Priyai
Dalam Masvarakat Jawa Cet.
Ill, Pustaka Jaya, Jakarta.
Fredrik Barth.Kelompok Etnikd dan
Batasannva. Universitas Indo
nesia, Ul-Press, Jakarta.
Georges Balandir, Antropologi Politik,
CV. 1983 Rajawali, Jakarta.
Ibrahim Erlangga, Swadaya, Senantiasa
Kata Kunci, dalam Swasono
(1983).
J.Dixon, Wilfrid dan J.Massey,Frank Jr,
Pengantar Analisis Statistik,
Bandung Gajah Mada University
Press.
Ketetapan MPR 1993 dan GBHN Tahun
, Beringin Jaya, Semarang.
Koentjaraningrat, Pengantar Ilmu Antro-
pologi, Jakarta, Aksara Baru.
, Kebudayaan Mentalitas
dan Pembangunan, Cet. II PT.
Gramedia Jakarta.
dkk, Aspek Manusia
dalam Penelitian Masvarakat,
PT. Gramedia, Jakarta.
* . Manusia dan Kebuda-
yaan di Indonesia, Jembatan,
Jakarta.
, Masvarakat Desa dilndo-
nesia, Universitas Indonesia,
Jakarta.
Muljanto Sumardi, Penelitian Agama,
Masalah dan Pemikiran,
Jakarta, Sinar Harapan, Cetakan I.
Mar'at, Sikap Manusia, Perubahan dan
Pengukurannya, Jakarta,
Ghhalia Indonesia, Cetakan Pertama.
Poerwadarminta, W.J.S., Kamus Umum
Bahasa Indonesia, Jakarta,
PN. Balai Pustaka.
Pringgodigdo, A. G. dan Hasan 1977
Shadily, Ensiklopedi Umum, Jakarta,
Yayasan Kansius.
Parsudi Suparlan, Pengetahuan Budaya,
Iimu-ilmu Sosial dan Pengkaiian
Masalah-masalah Agama,
Proyek Penelitian Keagamaan
Badaan Litbang Agama, Jakarta.
, Dalam H. Zaini
Ahmadsyis, Dialog No. 21,
Badan Penelitian dan Pengembang
Agama, Jakarta.
Sadli, Saparinah, Persepsi Sosial Me-
ngenai Prilaku Menyimpang,
Jakarta, Bulan Bintang.
Thoha, Miftah, Prilaku Organisasi
Konsep Dasar dan Aplikasinva,
Jakarta, Rajawali.
Wijaja, A.W., Manusia Indonesia, In-
dividu, Keluarga, dan Masvarakat,
Akademika, Pres Sindo,
Jakarta.
Zainal Arifin Abbas, Perkembangan
Pemikiran Terhadap Agama,
Cet. II, Pustaka Al-Husna, Jakarta.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).












