PETUAH BIJAK RELIGI SEBAGAI EKSPRESI LITERASI SISWA DI MAN MODEL MANADO
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v24i1.459Keywords:
Petuah Bijak, Kearifan Lokal, Siswa, MAN Model ManadoAbstract
Ekspresi bijak siswa merupakan media komunikasi siswa dalam mengungkapkan daya positif mereka agar bisa diaplikasikan oleh dirinya sendiri maupun orang lain. Ekpresi ini tidak muncul sendirinya. Tetapi ia merupakan bentuk pengalaman literasi yang diperoleh dari berbagai sumber. Oleh karena itulah, penelitian ini ditujukan untuk mengkaji varian dan sumber petuah bijak siswa di MAN Model Manado Sulawesi Utara serta ekspresi ungkapan bijak siswa dengan menggunakan metode kualitatif serta pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan diskusi grup, wawancara, dokumentasi dan observasi. Varian petuah bijak di MAN Model Manado menunjukkan nuansa variatif yang beragam berupa kearifan lokal seperti motto atau pamali serta ungkapan bijak yang bersumber dari pesan-pesan agama dengan media bahasa yang cukup beragam pula seperti Bahasa Daerah, Bahasa Indonesia maupun Bahasa Asing. Keterkaitan antara literasi bijak dengan penguasaan bahasa sangatlah erat, artinya kemampuan bahasa siswa sangat dipengaruhi terhadap penguasaan bahasa. Dalam hal ini, literasi bijak dalam bahasa daerah sangat minim karena banyak siswa yang tidak menguasai bahasa daerah. Kreatifitas siswa dalam ekpresi ungkapan bijak pun sangat terbatas pada ungkapan bijak di majalah dinding, latihan pidato maupun lewat media sosial.
References
Arsyad, Azhar. 2005. Retorika Kaum Bijak: Media Pembangkit Motivasi dan Daya Hidup Serta Penanaman Nilai-nilai dan Budi Luhur. Makassar: Yayasan Fatiya.
Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Cet. VI; Bandung: Rosda Karya.
Djakaria, Salmin dan Hendri Gunawan. 2014. Ungkapan dan Tradisi Bercirikan Pembentukan Watak dan Karakter Bangsa: Suatu Kajian Nilai Budaya Minahasa. Yogyakarta: Kepel Press.
Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKIS.
Kusumo, Ganang Probo. 2013. Pengembangan Literasi Akademik Siswa di Sekolah. Skripsi, Bahasa, dan Sastra Indonesia. Universitas Negeri Malang.
Hidayat, Amir F dan Elis N. Rahmani AR. 2006. Ensiklopedi Bahasa-bahasa Dunia dan Peristilahan Dalam Bahasa. Jawa Barat: Pustaka Grafika.
Lilis, Dede. 2014. Media Anak Indonesia: Representasi Idola Anak dalam Majalah Anak-anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Muslim, Abu. Kitorang Samua Basudara: Bijak Bestari di Bilik Harmoni. Jurnal Harmoni Volume 15 Nomor 2 Tahun 2016.
Pradopo, Rahmat Djoko. 2011. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rasyid, Armiati. 2009. Bentuk dan Makna Cigulu-cigulu Bahasa Melayu Manado dalam Bunga Rampai Hasil Penelitian Bahasa dan Sastra di Sulawesi Utara. Yogyakarta: Gama Media.
Rattu, A.B.G. 1997. Bahasa Daerah di Minahasa dalam Profil Kebudayaan Minahasa. Tomohon: Majelis Kebudyaan Minahasa.
Rosdiana. Implementasi Pendidikan Karakter di MAN Model Manado. Jurnal Alqalam Volume 20 nomor 2 Tahun 2014.
Rusmana, Dadan. 2014. Filsafat Semiotika : Paradigma, Teori, dan Metode Interpretasi Tanda: dari Semiotika Struktural Hingga Dekonstriksi Praksis. Bandung: Pustaka Setia.
Sombowadile, Pitres. et. al. 2012. Kearifan Lokal Kaitannya dengan Pembentukan Watak dan Karakter Bangsa di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Yogyakarta: Kepel Press.
Sondakh, A.J. 2008. Arti, Nilai, Makna Filosofis: Tumou Tou, Menjadi Manusia Seutuhnya, Falsafah Hidup Orang (Tou) Minahasa. TT: Waya Media.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sumampouw, Nono S. A. 2015. Menjadi Manado: Torang Samua Basudara, Sabla Aer, dan Pembentukan Identitas Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Tinggogoy, Jan. 2002. Arti, Nilai, Makna Filosofis: Si Tou Tumou Tou (Tou Minahasa): Refleksi Atas Nilai-nilai Manusia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Zuleha. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia: Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Cet. II; Bandung: Rosda Karya.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).