VALIDITAS, KEPRAKTISAN, DAN EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI INTEGRASI SPIRITUAL ISLAM MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.
Ahmahedi. M. 2005. Integrasi Ilmu & Agama Interpretasi Aksi, Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Chamberlain, T. J. 2000. Realized Religion; Research on Relationship Between Religion and Health. Templeton Fondation Press. Amazon. Com.
Depdiknas. 2006. Kuirkulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Sains. Jakarta: Puskur Balitbang.
Ibrahim. 2010. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berorientasi Keterampilan Proses Pada Pokok Bahasan Sisem Pernafasan. Jurnal Bioedu. 1(1): 7-10.
Kurniasih, I. & Sani, B. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013: Memahami berbagai Aspek dalam Kurikulum 2013 (cet. II). T.tp: Kata Pena.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mustami, M.K dan Gufran, D.D. 2015. Development Of Worksheet Students Oriented Scientific Approach At Subject Of Biology (pp 917-925). India: Man In India, 96 (4). http://serialsjournals.com/articles.php?volumesno_id=935&journals_id=40&volumes_id=783
Nunung. 2015. Pengembangan Modul Biologi Berbasis Pesantren Untuk Menanamkan Sikap Spiritual Kemandirian dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa: Tesis. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Perangkat Pembelajaran. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Nurfathurrahmah. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Metode Resitasi Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Siswa SMA Kelas XI. Tesis. Makassar:PPs Universitas Negeri Makassar.
Romadloni, A. R. 2015. Integrasi Pendidikan Nilai Dengan Pembelajaran Agama Islam Dan Budi Pekerti Melalui Pendekatan Saintific SMPN 1 Playen Gunung Kidul. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. (Edisi II Cetakan Keenam). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sadikin. 2011. Pengaruh Penyertaan Ayat-Ayat Al-Qur’an Terkait Ekologi dalam Pembelajaran Ekologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Mtsn Singkut Kab. Sarolangun. Jurnal Sains dan Matematika. Vol. 3. No. 1
Sani, A.R. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sari, M. 2010. Strategi dan Metode Pembelajaran Biologi Berbasis Imtaq di
Sekolah/ Madrasah. Jurnal Ta’dib (online), Vol.13, No.2, hal.134-151.
http://ojs.stainbatusangkar.ac.id/index.php/takdib/article/view/169,
Shintania. Y. 2010. Pengembangan Modul Pembelajaran Sains Terpadu Dengan Tema “Hujan Asam†untuk Siswa Kelas VII MTsN Pakem Sleman. Tesis. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Unkvesitas Negeri Yogyakarta.
Sudarma, M. 2013. Profesi Guru Dipuji, Dikritisi, dan Dicaci. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (cet. III). Jakarta: Bumi Aksara.
Unesco. 1978. Developing Instructional Modules for Teacher Eduvation- A Handbook. Bangkok: Unesco Regional Office for Education in Asia and Oceania.
DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v23i1.392
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Office:
Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar | ||||
Address: Jl. A. P. Pettarani No. 72, Makassar, South Sulawesi, Indonesia | ||||
Email: alqalamjurnal@gmail.com | ||||
Website: http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam | ||||
Contact Person: Sari Damayanti (+62 81342653417) |
Indexed by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.