PENDIDIKAN AGAMA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB SENTRA PENDIDIKAN KHUSUS DAN PENDIDIKAN LAYANAN KHUSUS
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v20i1.168Abstract
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengungkap bagaimana
proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama di Sekolah Luar Biasa (SLB) serta mengungkap
faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama di Sentra Pendidikan
Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK/PLK) Kab. Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa meskipun dengan fasilitas pembelajaran yang sangat terbatas, proses pelaksanaan pembelajaran
pendidikan agama tetap berpedoman pada kurikulum Diknas, dengan menggunakan metode ceramah,
demonstrasi, dan tanya jawab berdasarkan silabus yang diaplikasikan melalui RPP. Tenaga pendidik
(guru agama) menggunakan metode pembelajaran pendidikan agama berdasarkan disabilitas dengan
mengintegrasikan proses pembiasaan dan kreatifitas guru sebagai pelaksanaan pola pendidikan yang
sesuai dengan karakter anak berkebutuhan khusus. Pola ini melahirkan output yang mengantarkan anak
berkebutuhan khusus dalam memahami dan meyakini adanya Tuhan, mengenal kitab-kitab Allah,
melaksanakan ibadah (shalat dan puasa), serta berperilaku yang terpuji. Pemahaman pendidikan agama
diperkuat lewat bimbingan rohani, sedangkan proses pembentukan perubahan perilaku peserta didik
dominan tercipta lewat pembelajaran/pembinaan yang dilaksanakan di luar kelas.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).