CONTEXTUALIZATION OF QUR'AN RECITATION GUIDELINES IN THE MAPPANRE TEMME' TRADITION OF BUGIS COMMUNITY

Authors

  • Hilal Askari Syirwan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nursyirwan Nursyirwan IAIN Bone
  • Shadriyah Shadriyah IAIN Bone

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v28i2.1131

Keywords:

Tradisi, Mappanre temme’, Nilai, Sosiologi pengetahuan

Abstract

Mappanre Temme’ merupakan tradisi yang lahir dari proses Islamisasi di Sulawesi Selatan. Dalam tradisi ini terdapat perpaduan antara budaya lokal dan unsur-unsur Islam sehingga masyarakat yang baru memeluk Islam pada saat itu merasa mudah untuk menerima keberadaan agama Islam sebagai agama mereka. Salah satu aspek yang dapat dilihat dari hasil Islamisasi di Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Bone ialah dalam bidang keagamaan yang biasa terjadi pada pelaksanaan ritual keagamaan, seperti doa dalam acara tudang sipulung dan ma’barazanji yang dilakukan sebagai tanda syukur seseorang yang hajatnya terkabulkan. Selain itu, ada pula tradisi mappanre temme’ yang dilakukan ketika anak mengkhatamkan Al-Qur’an. Tradisi ini mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman, mulai dari pelaksanaannya yang secara khusus hingga pelaksanaannya saat ini yang lebih sering dirangkaikan dengan acara pernikahan. Untuk mengkaji nilai-nilai dalam tradisi mappanre temme’, penulis menggunakan teori sosiologi pengetahuan yang ditawarkan oleh Karl Mannheim dengan memperhatikan tiga aspek penting, yaitu makna objektif¸ makna ekspresif, dan makna dokumenter. Dengan menggunakan teori sosiologi pengetahuan ini dapat diketahui bahwa tradisi mappanre temme’ juga memiliki nilai-nilai penting yang terkandung di dalamnya seperti, nilai sennu-sennungeng, nilai kebersamaan, nilai kekeluargaan yang diperoleh dengan memperhatikan makna objektifnya. Pada makna ekspresif, diketahui bahwa tradisi ini tersirat nilai tolong menolong, gotong royong, juga sabar. Dan yang terakhir pada makna dokumenter, nilai rasa syukur kepada Allah dan terima kasih tersirat pada tradisi mappanre temme’ tersebut.

Additional Files

Published

2022-11-02

Issue

Section

Articles