THE INFLUENCE OF WIDYAISWARA’S COMPETENCES ON THE EFFECTIVENESS OF EDUCATION AND TRAINING AT THE RELIGIOUS EDUCATION AND TRAINING CENTER OF MAKASSAR

Authors

  • Andi Isra Rani Balai Litbang Agama Makassar
  • Moh. Natsir Mahmud IAIN Alauddin Makassar
  • Wahyuddin Naro UIN Alauddin Makassar
  • Muh. Ilyas Ismail UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v28i2.1074

Keywords:

Kompetensi widyaiswara, efektivitas, pendidikan dan pelatihan

Abstract

Kompetensi widyaiswara yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kompetensi pengelolaan pembelajaran, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi substantif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh kompetensi pengelolaan pembelajaran, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi substantif widyaiswara terhadap efektivitas pendidikan dan pelatihan keagamaan di Balai Diklat Keagamaan Makassar. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Penelitian menggunakan pendekatan metodologi kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 75 orang yang diperoleh menggunakan total sampling alumni Diklat Teknis Substantif Wakil Kepala Madrasah. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen angket yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Kompetensi widyaiswara diukur berdasarkan persepsi peserta diklat menggunakan skala likert. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persepsi peserta tentang kompetensi widyaiswara berada pada kategori sangat positif. Demikian pula efektivitas pendidikan dan pelatihan keagamaan di Balai Diklat Keagamaan Makassar berada pada kategori tinggi. Hasil analisis inferensial, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kompetensi pengelolaan pembelajaran, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi substantif widyaiswara terhadap efektivitas pendidikan dan pelatihan keagamaan secara parsial. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Variasi variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini mampu menjelaskan variasi variabel dependen. 2) Peningkatan kompetensi widyaiswara berimplikasi pada meningkatkan efektivitas pendidikan dan pelatihan 3) Pengaruh simultan variabel kompetensi widyaiswara terhadap efektifitas pendidikan dan pelatihan menunjukkan bahwa kompetensi pengelolaan pembelajaran dan kompetensi substantif adalah variabel yang paling berpengaruh.

References

Amaddin, Said, Fitriyah, Nur, Irawan, Bambang. “Pendidikan dan Pelatihan TOT Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Widyaiswara di Badan Pendidikan Dan Pelatihan Provinsi Kalimantan Timurâ€. Jurnal Administrative Reform, Vol.3 No.1 (2015): h. 64 – 68.

Arjita, Utama Andri. “Pengaruh Kompetensi Widyaiswara Terhadap Prestasi Peserta Diklat Pada Matadiklat Etika Publik di Pusdiklat BPSâ€, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 9 No. 1 (2019): h. 76-81.

Aqib, Zainal. Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya, 2011.

Azwar, Saifuddin. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Edisi II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2007.

Basri, Hasan dan Rusdiana. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Fauzan, Mohammad. “Efektivitas Learning Management pada Diklat Teknis Substantif PKG dan PKB bagi Guru Madrasah di Lingkungan Balai Diklat Keagamaan Bandung†Jurnal Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Vol.1, No. 1 (2020): h. 13-21.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 16. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.

Gibson, Ivancevich dan Donell, Organisasi dan Manajemen. Edisi Ke IV; Jakarta: Erlangga, 1998.

Harsono. Etnografi Pendidikan sebagai Desain Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011.

Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.

Komariah, Aan dan Cepi Trianata. Visionary Leader Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Lembaga Administrasi Negara, Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 5 Tahun 2008, disadur http://ppid.lan.go.id/wp-content/uploads/2014/10/Perkalan-No.5-Tahun-2008-Tentang-Standar-Kompetensi-Widyaiswara.pdf, Pada Tanggal 7 Maret 2021.

Madyunin “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Pelatihan Perikanan Budidaya (Studi Kasus di Wilayah Kerja Balai Diklat Perikanan Banyuwangi)â€, Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, Vol. VII, No. 2 (2012): h. 217.

Mahmudi. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2005.

Mardapi, Djemari. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press, 2008.

Meitaningrum, Dhita Ayu, Imam Hardjanto dan Siswidiyanto. “Efektivitas Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang)â€, Jurnal Administrasi Publik, Vol. 1 No.3 (2013): h. 192-199.

MENPANRB RI, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya, disadur dari web https://peraturan.bpk.go.id, Pada Tanggal 7 Maret 2021.

Mulyasa, E. Standar Kompetensi Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Nasution. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1983.

Nitisemito, Alex. Manajemen Personalia. Cet. X; Jakarta: Ghalia Indonesia, 2007.

Ni’am, Asronun. Membangun Profesionalisme Guru. Jakarta: Remaja Rosdakarya. 2006.

Nurdin, “Analisis Pengaruh Kompetensi Teknisi, Sarana Prasarana Diklat, Dan Pelayanan Terhadap Capaian Program Diklat, Jurnal Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Vol.1, No. 1 (2020): h. 278.

Oemar, Yohanan. â€Pengaruh Pemberian Reward terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Bank Riauâ€. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 5, No. 1 (2007): h. 56.

Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 5 Tahun 2008, tentang Standar Kompetensi Widyaiswara, BAB IV Pasal 5.

Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 5 Tahun 2008, tentang Standar Kompetensi Widyaiswara.

Qodratilah, Meity Taqdir. Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2011.

Qur’an Kemenag, https://quran.kemenag.go.id/sura/9/105, Pada tanggal 30 April 2021.

Rosmadi, Maskarto Lucky Nara, Tachyan, Zaenudin. “Pengaruh Pelatihan, Disiplin, dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawanâ€. Jurnal HUMANIORA, Vol. 2, No.2 (2018): h. 18-26.

Sela, Jesika, Victor P. K. Lengkong dan Irvan Trang, “Pengaruh Kompetensi dan Desain Pelatihan Terhadap Efektivitas Pelatihan Guru SMA/SMK/MA Manado pada Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utaraâ€, Jurnal EMBA, Vol. 6 No.4 (2018): h. 236 – 237

Sinamo, Holler. “Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Widyaswara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Propinsi Sumatera Utaraâ€, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. XX, No. 1 (2020): h. 66.

Siregar, Edison. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dalam Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)â€, Jurnal Dinamika Pendidikan, Vol. 11 No. 2 (2018): h. 165.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Soekanto, Soerjono. Kamus Sosiologis. Jakarta: CV. Rajawali, 1985.

Subur, Surya. “Pengaruh Kompetensi Widyaiswara, Pengelola Diklat, Kualitas Peserta Diklat, dan Sarana Prasarana Terhadap Efektifitas Pelaksanaan Diklat Pada Balai Diklat Keagamaan Banjarmasinâ€, Jurnal WIDYABORNEO, Edisi 3, Vol. 1 (2019): h. 223.

Sugihartono. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2007.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Sulistiyani, A.T dan Rosidah, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

Sulistyorini. Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras, 2009.

Supardi. Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Syamsi, Ibnu. Pokok-Pokok Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Bina Aksara, 1988.

Tarjuminto. “Kompetensi Kepribadian Widyaiswara dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Peserta Diklat Prajabatan CPNS K1/K2â€, Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, Vol. XII, No. 2 (2021): h. 108.

Thoha, Miftah. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar, dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, disadur dari https://kemenperin.go.id/kompetensi/UU_13_2003.pdf, Pada tanggal 10 Maret 2021.

Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset, 2010.

Yusuf, A Muri. Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Additional Files

Published

2022-11-02

Issue

Section

Articles