ANREGURUTTA H.M. YUNUS MARTAN SOSOK PANRITA PEMBAHARU

Husnul Fahimah Ilyas

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan kehidupan dan peranan penting K.H.M.Yunus 

Penelitian ini mendeskripsikan kehidupan dan peranan penting K.H. M. Yunus Martan dalam mengembangkan Pondok Pesantren As’adiyah. Bertujuan mengulas identitas pribadi, pendidikan, aktivitas dan peranannya dalam mengembangkan Pondok Pesantren As’adiyah. Menggunakan deskriptif kualitatif yang dilakukan ini dengan cara menyusun dan mendeskripsikan kehidupan dan peranan KH. Yunus Martan dalam pengembangkan pendidikan dan dakwah di Wajo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara studi pustaka, dan dokumen yang berkaitan ulama yang disasar. Setelah data terkumpul dilakukan analisis kualitatif deskreptif dalam bentuk narasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa peran dan aktivitas Anregurutta Yunus Martan dalam kegiatan sosial dan pendidikan sangat aktif. Hal ini dibuktikan dalam kepemimpinannya dari tahun 1953 bersama dengan Anregurutta H.Daud Ismail dan kepemimpinan tunggalnya dari tahun 1961-1968, Anregurrutta H. Muhammad Yunus memperlihatkan prestasi yang cemerlang dengan perubahan-perubahan yang dilakukan pada masanya, di antaranya, perubahan dalam birokrasi dan model kurikulum di Pondok As’adiyah dan menyesuaikan dengan kurikulum pemerintah, namun muatan ilmu agamanya masih tetap dominan. Memanfaatkan radio sebagai media dakwah yang dapat dijangkau tidak terbatas audiensnya. Memperhatikan pendidikan bagi kaum perempuan dan membuka ruang di Pesantren As’adiyah menerima santriwati pada semua jenjang. Peningkatan dalam bidang ekonomi dan sosial dengan cara mendirikan koperasi, Balai Kehatan Ibu dan Anak (BKIA), Poliklinik Kesehatan, Badan Wakaf.


Keywords


ulama pembaharu, peran ulama, pendidikan di pesantren

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Taufik (ed). 1983. Agama dan Perubahan Sosial. Jakarta: CV. Rajawali.

Ahmad, Abd. Kadir. 2009. Ulama Bugis. Makassar: Penerbit Indobis Publishing.

Anwar, M.Khoiril dan Muhammad Afdillah. 2016. “Peran Ulama di Nusantra dalam Mewujudkan Harmonisasi Umat Beragama” dalam Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan, Volume 4, Nomor 1, 2016: 80-95.

As’ad, Muhammad, dkk. 2011. Buah Pena Sang Ulama. Jakarta: Orbit.

Azra, Azumardi. 2002. “Biografi sosial-Intelektual Ulama perempuan pemberdayaan historiografi” dalam Jajat Sumarja (ed). Ulama Perempuan Indonesia. Jakarta; Gramedia Pustaka Utama.

Burhanuddin, Jajat (ed.). 2002. Ulama Perempuan Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dokumen Laporan Pertanggung Jawaban Pimpinan Pusat As’adiyah Periode 1975/1980.

Fauzi, Ahmad. 2016. “Pakaian Wanita Muslimah Dalam Perspektif Hukum Islam” dalam Iqtishodia Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 1, No.1, Maret 2016.

Pasanreseng, Muh.Yunus. 1992. Sejarah Lahir dan Pertumbuhan Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang.

PB As’adiyah. 1982. Setengah Abad As’adiyah 1930-1980. Pimpinan Pusat As’adiyah Sengkang Kab.Dati II Wajo Sulawesi Selatan.

Pimpinan Pusat Perguruan As’adiyah. 1975. Pertumbuhan dan Perkembangan Perguruan As’adiyah serta Peranannya dalam revolusi dan pembangunan.

Pimpinan Pusat Perguruan As’adiyah. 1980. Setengah Abad As’adiyah.

Putra, Aris Try Andreas. 2014. “Peran Gender dalam Pendidikan Islam” dalam Jurnal Pendidikan Islam. Volume III, Nomor 2, Desember 2014/1436.

Ruslan, Muhammad dan Waspada Santing. 2007. Ulama Sulawesi Selatan: Biografi Pendidikan & Dakwah. Komisi Informasi dan komunikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulawesi Selatan.

Sahmi, Mulyadi (ed). tt. Profil Ulama Kota Samarinda. Panitia Haul Ulama Kota Samarinda.

Sating, Waspada,dkk. 2010. Ulama Perintis: Biografi mini ulama Sulsel. Makassar: Pustaka Al-Zikra.

Shihab, M.Quraish. 1996. Wawasan Al-Quran: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.

Walinga, Muh.Hatta. 1981. “Kiyai Haji Muhammad As’ad Hidup dan Perjoangannya” dalam Skripsi Fakultas Adab IAIN Alauddin Ujung Pandang.

Weber, Max. 1964. The Sociology of Religion. Boston: Beacon Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v26i2.887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by :