KOMPARASI MODERASI KEBERAGAMAAN MAHASISWA UNIVERSITAS TADULAKO DAN IAIN PALU: SEBUAH STUDI KUALITATIF

Nurhayati Nurhayati, Suhardin Suhardin

Abstract


Konsep Islam moderat merupakan suatu cara pandang keagamaan yang sangat relevan dalam konteks keberagaman yang ada di Indonesia dalam segala dimensi, baik dimensi agama, adat istiadat, suku, ras, dan apa saja yang ada di dalam bangsa itu sendiri. Penelitian ini tergolong jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan multidisipliner. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, serta penelusuran referensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi moderasi keberagamaan mahasiswa Universitas Tadulako dan IAIN Palu, perbedaan dan persamaan moderasi keberagamaan mahasiswa Universitas Tadulako dan IAIN Palu dan konten penyimpangan keberagamaan mahasiswa Universitas Tadulako dan IAIN Palu serta sinergitas pembinaan moderasi keberagamaan mahasiswa Universitas Tadulako dan IAIN Palu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) moderasi keberagamaan di dua institusi ini sudah berjalan dengan baik berbarengan dengan fenomena kajian Islam fundamentalis-skriptualis yang menjurus radikalis berkembang. 2) perbedaan moderasi keberagamaan terlihat dari mahasiswa Untad  yang cenderung bersikap eksklusif dalam memahami polaritas keberagamaan karena akses mereka lebih banyak diwarnai oleh kajian yang bersifat fundamentalis-skriptualis. Sedangkan mahasiswa IAIN Palu lebih cenderung inklusif karena kajian mereka lebih banyak bersifat kontekstual-transformatif. 3) konten penyimpangan keberagamaan mahasiswa pada dua lembaga tersebut terlihat pada bahwa Islam adalah ideologi negara yang paling mampu membawa kemaslahatan bagi Indonesia.


Keywords


komparasi moderasi, moderasi beragama, keberagamaan mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, M. 2019. Meneguhkan Moderasi Beragama. Available at: http://graduate.uinjkt.ac.id. 11 Agustus 2019.

Aderus, A. 2012. Konstruksi Islam Moderat: Menguak Prinsip Rasionalitas, Humanitas serta Universalitas Islam. Makassar: ICATT Press.

Harto, K. 2014. ‘Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural’, Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam. doi: 10.21154/al-tahrir.v14i2.122.

Irsyan, Hasyim. 2019. inilah penyebab tumbuhnya faham radikalisme bumn. http://www.indeks berita.com/inilah penyebab tumbuhnya faham radikalisme bumn, Senin, 25 November 2019.

Lickona, T. 1992. Educating for Character: How Our School can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Muslim, Abu. 2016. Kitorang Samua Basudara: Bijak Bestari di Bilik Harmoni. Harmoni, 15(2), 109-122.

Muslim, Abu. 2016. Artikulasi Religi Sajak-Sajak Basudara di Maluku. Al-Qalam, 19(2), 221-230.

Muslim, Abu., Idham., Subair, Muh. 2019. “Iko-Iko Siala Tangang (Tracing Moderatism of Religious Concept From the Oral Traditions of Bajau)” dalam Basri, dkk., (ed) Proceedings of the First International Conference on Religion and Education 2019, October 8-12 2019, Bintaro, Indonesia.

Naim, N. 2009. Pengantar Studi Islam. Yogyakarta: Teras.

Qardhawi, Y. 2001. Al-Sahwah al-Islamiyah: Bayna al-Jihad wa al-Tatarruf. Kairo: Bank al-Taqwa.

Rahmatunnair, dkk. 2018. Konstruk Paradigma Studi Keislaman IAIN Bone menuju Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang Unggul dan Humanis. Watampone.

Ruhana, A. S. 2014. ‘Profil Gerakan Dakwah di Kota Palu’, Jurnal Harmoni, 11(2).

Sahlan, M. 2019. Radikalisme Agama. https://www.nu.or.id/post/read/78246/radikalisme-agama-di-indonesia, 23 November 2019.

Saifuddin, L. H. 2019. Disampaikan pada Dialog Nasional Keagamaan dan Kebangsaan dengan tema ‘Mengarusutamakan Islam Wasathiyah: Menyikapi Bahaya Hoax dan Fitnah bagi Kehidupan Keagamaan dan Kebangsaan’. yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia di Makassar.

Setiyadi, A. B. 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana, Nana., Awal, K. 2008. Proposal Penelitian di Perguruan Tinggi. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zahra, M. A. t.th. Tarikh al-Madzahib al-Islamiyyah. t.tp: Dar al-Fikr al-Arabi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v26i2.873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by :