REALITAS PEMBELAJARAN KONTEN KEISLAMAN DAN KEINDONESIAAN DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH BALIKPAPAN

Firman Firman, Bahaking Rama, Muljono Damopoli, M. Shabir U.

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana realitas pembelajaran konten keislaman dan konten keindonesiaan di Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif sehingga peneliti mencari makna, pemahaman, fenomena, kejadian, maupun keadaan yang berkaitan dengan pembelajaran konten keislaman dan keindonesiaan di Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan. Sumber data yaitu data primer melalui wawancara dan data sekunder melalui dokumen. Adapun instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrumen kunci dan pedoman wawancara. Sedangkan teknik analiasis data dengan menggunakan reduksi data, displai data, kemudian dilakukan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Pembelajaran keislaman di Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan secara garis besar terdiri atas tauhid, ibadah, dan akhlak. (1) Pembelajaran tauhid yaitu pembelajaran untuk mentauhidkan Allah dengan cara semua materi pelajaran dilandasi dengan nilai-nilai tauhid. (2) Ibadah, yaitu pembelajaran diniyah, Baca al-Qur’an, Tahfiz, Tahsin, Salat lail, Ta’lim, Halaqah al-Qur’an. (3) Akhlak, yaitu melatih kemandirian, hidup sederhana, memiliki kepribadian akhlak al-karimah, sikap menghormati, menjaga hubungan baik dengan teman sesama santri, menghormati warga pondok. Kedua, Pembelajaran Keindonesiaan, yaitu PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPS dan adanya Sosialisasi Empat Pilar yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika. Pembentukan Satuan Komunitas (SAKO) Pramuka Hidayatullah, dan bela diri.


Keywords


Pembelajaran Keislaman, dan Keindonesiaan

Full Text:

PDF

References


Damanhuri, D. (2016). Islam, Keindonesiaan, Dan Kemanusiaan (Telaah Pemikiran Ahmad Syafii Maarif). Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 14(1). https://doi.org/10.18592/al-banjari.v14i1.644

Hadits, D. A. N. (2018). ِ ل َّ ا ص ِ و م ُ ٱ ِ ٱ ِ ٱ ِ. 4.

Helmy Faishal Zaini, A. (2018). Nasionalisme Kaum Sarungan (R. B. E. A. Nugroho (ed.)). kompas Media Nusantara. buku@kompas.com

Islam, J. P. (2018). Jurnal Pemikiran Islam Vol. 4 No. 2 Desember 2018. 4(2), 1–18.

Oemar Hamalik. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran (13 ed.). Bumi Aksara.

Pesantren, P., Kalijaga, S., & Muria, S. (2016). Kontribusi pondok pesantren terhadap nkri. 3(1), 21–43.

Rahmanto, M. (2018). Hamka dan Tafsir Harmonisasi Keislaman dan Keindonesiaan. Afkaruna, 14(1), 133–145. https://doi.org/10.18196/aiijis.2018.0084.133-145

Salbu, M. (2012). Mencetak Kader: Perjalanan Hidup Ustadz Abdullah Said Pendiri Hidayatullah (P. Utomo (ed.); II). Lentera Optima Pustaka. publishing@hidayatullah.com

Tafsir, A. (2013). Ilmu Pendidikan Islam (E. Kuswandi (ed.); II). Remaja Rosdakarya. rosdakarya@rosda.co..id

Tang S, M. (2017). Transformasi Konsep Pendidikan Tauhid K.H. Abdullah Said. (Muslimah (ed.); pertama). Aswaja Pressindo. aswajapressindo@gmail.com

Toharudin, T. (2018). Nilai-Nilai Keislaman dan Keindonesiaan dalam Membentuk Karakteristik Peradaban Melayu di Indonesia (Studi Pemikiran Munawir Sjadzali). Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 7(1), 41–58. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v7i1.2340

Utami, P. S., & Cahyono, H. (2019). JPE ( Jurnal Pendidikan Edutama ) Vol . 6 No . 1 Januari 2019. 6(1), 87–98.

wahidin, unang; Ahmad, S. (2018). Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol . 07 / No . 1 , Teori-Teori Pendidikan … Teori-Teori Pendidikan …. Jurnal Pendidikan Islam, 07(1), 47–66. https://doi.org/10.30868/EI.V7

Zidni, E. S. Z. (2018). Kemitraan Keluarga dalam Menangkal Radikalisme. Jurnal Online Studi Al-Qur’an, 14(1), 32–43. https://doi.org/10.21009/jsq.014.1.03




DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v26i1.817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by :