DARI RAHIM IBU KANDUNG KE PANGKUAN AYAH TIRI (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGANGKATAN GURU PENDIDIKAN AGAMA SEKOLAH UMUM DI KOTA KENDARI)

Esti Junining, Baso Marannu

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara dengan tema “Implementasi pengangkatan Guru Pendidikan Agama di Sekolah Umum”  yang menggunakan metode kualitatif, dengan memilih pendekatan studi kasus, fokus penelitian ini pada kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan peraturan pemerintah tentang pengangkatan guru pendidikan agama di sekolah umum, yang melibatkan  Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). Analisis deskriptif  untuk membahas persoalan tersebut menggunakan indikator Model Implementasi Kebijakan George C. Edward III, yakni Komunikasi, Sumber daya, Kecenderungan,  Struktur birokrasi. yang ditekankan pada tiga hal, yakni Pembuat, dokumen dan penerima kebijakan

Penelitian ini menyimpulkan masih kurangnya intensitas komunikasi pembuat kebijakan, lemahnya sumber daya saat pengimplementasian, kecenderungan ego sektoral dan eselonisasi pada struktur birokrasi termasuk sistem informasi berbasis IT yang belum terjalin dengan baik antara Kemenag dan Kemendiknas terhadap beberapa peraturan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, Kementerian Keuangan terhadap kebijakan pengangkatan maupun pengembangan guru-guru pendidikan agama di sekolah umum

Penelitian ini merekomendasikan perlunya koordinasi dan komunikasi yang lebih baik para pejabat eselon II dan III antara dua kementerian yakni Kementerian Agama dan Kementrian Diknas, perlu dipikirkan sistem informasi yang mengakomodir guru agama yang ada di sekolah umum dan guru pengangkatan pemerintah daerah yang ditempatkan di madrasah, ketiga perlunya keberpihakan pejabat berwenang dalam hal politik anggaran untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan agama secara umum di Indonesia.


Keywords


Kebijakan, Guru Pendidikan Agama, sekolah umum

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono, 2008. Pengantar Evaluasi pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Anton Bakker & Achmad Charris Zubair. 1990. Metodologi Penelitian Filsafat, Yogyakarta: Kanisius, 1990

Boedowi, Ahmad. Dkk. 2015. Potret Pendidikan Kita. Jakarta: Pustaka Alvaber.

Danim, S. 2005. Pengantar Studi Penelitian kebijakan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Dokumen Pedoman Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Pendidikan Agama Islam SD, SMP, SMA/SMK,Tahun Pelajaran 2011/2012

Dunn. S. 2003. Analisa Kebijakan Publik. (Peny. Muhadjir Darwin) Yogjakarta: Gajah Mada University Press.

Fakhruddin Asef Umar. 20019 Menjadi Guru Favorit, Yogyakarta: DIVA Press.

Fatah, Nanang, 2012, Analisis Kebijakan Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosda karaya.

Hayadin, 2012. Pengelolaan guru pendidikan agama dalam konteks Desentralisasi pendidikan, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 18, Nomor 2, Juni 2012

Himpunan Peraturan Perundang-undangan Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Bandung: Fokusmedia.

Lane, Jan-Eric and Svante Ersson. Policy Implementation in Poor Countries, Umea University, Sweden,...

Lexy J. Meloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Rosdakarya, 2007),

M. Iqbal Hasan 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

McGinn and T. Wels. 2003. Desentralisasi Pendidikan. Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Nugroho. R. 2009. Public Policy. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo

Peraturan Menteri Agama No.16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah

Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaaan.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, penerbit Jakarta: Sinar Grafika, 2006

Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2017 Tentang Manajemen pegawai negeri sipil

Peraturan Pemerintah RI. Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan.

Putra, Nusa dan Hendarman. 2012. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putro Widoyoko, Eko. 2010. Evaluasi Program Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djemari Mardapi. 2007. Teknik Penyusunan Instrument Tes dan Non Tes, Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Saifudin Azwar, 2004. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sarjono, 2008. Panduan Penulisan Skripsi, (Jurusan Pendidikan Agama Islam) Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Soejono dan Abdurrahman, 2008. Metode Penelitian: Suatu Pemikiran dan Penerapan, Jakarta: PT. Alex Media Komputindo

Suprapto, Tommy. 2006. Pengantar Teori Komunikasi. Yogyakarta: Media Pressindo

Syarifuddin, 2008. Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Konsep, strategi, dan aplikasi kebijakan menuju organisasi sekolah efektif. Jakarta: Rineka Cipta.

Tafsir Ahmad, 1992. Ilmu Pendidikan Dalam Persefektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS, (Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2003

Undang-Undang No.5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara

Undang-Undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Cet. 14 Jakarta: Sinar Grafika.

Winarno Surahman, 1990. Persyaratan Penelitian Ilmiah Dasar, Jakarta: Tarsita.

Winarto Surahmad,1990. PengantarPenelitian Ilmiah, Bandung: Tarsito, 1990




DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v25i2.767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by :