PENGARUH DIKLAT TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH DI KOTA MANADO

muhammad rais

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengukur dan sekaligus mendeskripsikan secara kualitatif, pengaruh diklat terhadap kinerja guru di Madrasah yang telah mengikuti diklat mata pelajaran pada Balai Diklat Keagamaan Manado, tahun 2016-2017. Dengan memanfatkan metode kombinasi: kuantitatif dan kualitatif. Ditinjau dari respon guru dengan menggunakan pengukuran skala likert terhadap dimensi materi diklat dengan tujuan indikator, rerata direspon dengan kategori baik, dimensi kualitas widyaiswara rata-rata direspon dengan kategori baik, dimensi metode diklat rerata direspon dengan kategori baik. Adapun tingkat respon terhadap variabel Y (kinerja guru), yang di-breakdown dari empat kompetensi dengan masing-masing indikatornya, sebagai berikut: 1) kompetensi pedagogik; 2) kompetensi kepribadian; 3) kompetensi profesional, dan 4) kompetensi sosial. Keempat kompetensi tersebut rata-rata direspon dengan kategori baik. Adapun tingkat pengaruh diklat terhadap kinerja guru, dapat dilihat pada hasil analisis regresi diperoleh koefisen regresi yang mengindikasikan bahwa, factor (variabel)  metode diklat, materi diklat, dan kompetensi widyaiswara berpengaruh terhadap kinerja guru madrasah, meskipun belum signifikan. Sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya selain metode, materi dan widyaiswara.


Keywords


pengaruh, pendidikan dan latihan, kinerja, guru, madrasah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Creswell, John W. , 2010, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approach, diterj. Achmad Fawaid: Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Daymon, Christine, et.al. 2008. Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communication, diterj. Cahya Wiratama: Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relation, Yogyakarta: Bentang Pustaka

Fattah, Nanang, 2013. Analisis Kebijakan Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Furqon, 2009. Statistik Terapan untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta

Kusumastuti, Penny, 2014. Membumikan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Sektor Publik: Tantangan Berdemokrasi Ke depan, Jakarta: PT Grasindo.

Merriam, Sharran, B. et. al, 2016. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementations, San Francisco: Jowsey Bass

Moeheriono, 2012. Perencanaan, Aplikasi, dan Pengembangan Indikator Kinerja Utama Bisnis dan Publik, Jakarta: Rajawali Pers.

Morissan, 2014. Metode Penelitian Survey, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Musfah, Jejen, 2015. Manajemen Pendidikan: Teori, Kebijakan, dan Praktik, Jakarta: Prenadamedia.

Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000, tentang Pendidikan dan Pelatihan jabatan Pegawai Negeri Sipil

Peraturan Menteri Agama Nomor 43 tahun 2016 tentang Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Pelatihan pada Kementerian Agama,

Permendiknas Nomor 16 tahun 2006 tentang Kualifikasi Akademik Guru

Puspayanti, Amalia, 2016.”Studi Evaluatif Penyelenggaraan Diklat Teknis pada Balai Diklat Keagamaan Denpasar Tahun 2015”, Profesi, Edisi 1, Tahun 11.

Sevilla, Consuelo, et.al, 1993. An Introduction to Research Methods, diterj. Alimuddin Tuwu: Pengantar Metode Penelitian, Jakarta: UI-Press.

Suparlan, 2011. Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum dan Materi Pembelajaran: Curriculum and Learning Material Development, Jakarta: Bumi Aksara.

Tashakkori, Abbas dan Charles Teddie, 2010, Mixed Methodology: Combining Qualitative, and Quantitative Approaches, diterj. Budi Puspa Pribadi: Mixed Methodology: Mengombinasikan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tim PGRI, 2014. Pendidikan untuk Transformasi Bangsa: Arah Baru Pendidikan untuk Perubahan Mental Bangsa, Jakarta: PT Kompas

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,

Wirawan, 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi, dan Penelitian, Jakarta: Salemba Empat




DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v25i1.700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by :