PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA KURIKULUM SMP ISLAM TERPADU AL FAHMI PALU

Asnandar Abubakar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan pendidikan agama Islam pada kurikulum sekolah Islam terpadu. Lokus penelitian adalah SMP IT Al Fahmi Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif eksploratif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, telaah dokumen. Kurikulum pada SMP IT Al Fahmi Palu Kurikulum SMP IT Al Fahmi Palu, menyesuaikan dengan ciri khas sekolah Islam terpadu yaitu mengintegrasikan nilai-nilai atau ilmu Islam baik yang bersifat Qualiyah maupun Kauniyah dalam suatu kerangka atau bangunan kurikulum. Salah satu tujuannya adalah peserta didik memiliki kepribadian dan akhlak yang baik, memiliki akidah yang bersih, pikiran dan jasmani yang sehat, serta hidup disiplin dan tertib. Pelaksanaan pendidikan agama Islam (PAI) selain bersifat monolitik yang berdiri sendiri juga terintegrasi pada proses pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas. Pengembangan PAI pada kurikulum SMP IT Al Fahmi dapat dilihat dari penambahan jam pelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, Al Qur’an, dan bahasa Arab, integrasi nilai-nilai Islam pada mata pelajaran umum dan pelajaran ekstrakurikuler seperti memanah, renang, dan silat, dibuka kelas tahfidz bagi peserta didik yang memiliki bakat untuk meningkatkan hafalan Al Qur’an, adanya kegiatan Qur’an camp, serta sanksi hafalan beberapa ayat Al Qur’an bagi peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah

Keywords


sekolah Islam terpadu, kurikulum, pendidikan agama Islam

Full Text:

PDF

References


Aziz, Helmi. 2018. “Kurikulum Integratif Berbasis Nilai-Nilai Islam ( Penelitian Di SMP IT Fithrah Insani Kabupaten Bandung Barat ).” Tadris 13 (1): 94–111.

Budi Hadi. Makalah. Manajemen Pendidikan Islam Terpadu Dalam Membentuk Siswa Berakhlak Mulia Studi Kasus di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Sukoharjo Tahun 2012-2013. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2013.

Darmin, Sudarwan. 2006. Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Keluarga; Sebuah Perspektif Pendidikan Islam. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Euis Sumaiyah. Makalah. Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu Di SMP Islam Terpadu PAPB Pedurungan Semarang. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang 2010.

Fakhruddin Udi, Ending Bahruddin, and Endin Mujahidin. 2018. “Konsep Integrasi Dalam Sistem Pembelajaran Mata Pelajaran Umum Di Pesantren.” Ta’dibuna 7 (2): 214–32.

Gunawan, Heri. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Alfabeta. Bandung.

Iqbal, Abu Muhammad.2015. Pemikiran Pendidikan Islam; Gagasan-Gagasan Besar Para Ilmuwan Islam. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Ismail, Fajri. 2018. “PELAKSANAAN KURIKULUM JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-FURQON PALEMBANG.” Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman 08 (01): 14–33.

Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Pustaka Setia. Bandung.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

Pertiwi, Putri Lingga. 2018. “Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Dalam Sistem Boarding School Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Al Bashiroh Turen-Malang” 1 (1): 57–66.

Soemanto. 2014. Edukasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. Volume 12. Nomor 2. Hal. 247-260.

Sumarna, Andri Ramdani, Abas Asyafah, and Kosasih. 2017. “PENGELOLAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ISLAMIC FULL DAY SCHOOL SMP SALMAN AL-FARISI.” Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education 4 (2): 179–90.

Suprapto. 2014. Edukasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. Volume 12. Nomor 1. Hal. 27-41.

Syahid, Nur. 2018. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Di Lembaga Pesantren Al Khoziny Buduran Sidoarjo.” Qudwatuna: Jurnal Pendidikan Islam I (2): 132–66.

Suyatno. Makalah Penelitian. Sekolah Islam Terpadu Dalam Peta Sistem Pendidikan Nasional. Prodi PGSD Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Tim Penyusun Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia. 2010. Standar Mutu Sekolah Islam Terpadu. Jaringan Sekolah Islam Terpadu. Jakarta.

Tim Penulis Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia. 2014. Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu. Jaringan Sekolah Islam Terpadu. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v25i1.697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :