MURIAH: SOSOK ULAMA PEREMPUAN DARI BENUA ETAN

Husnul Fahima Ilyas

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dan kiprah Muria sebagai ulama perempuan dari Kalimatan yang dalam konteks lokal kerap disebut Benua Etan. Dengan memanfatkan metode kualitiatif dengan pendekatan biografi, penelitian ini menemukan bahwa keberadaan ulama perempuan di Kalimantan Timur yang bersumber dari masyarakat, sangat banyak dikarenakan masyarakat awam menerjemahkan ulama sebagai orang yang pintar dalam ilmu agama yang bisa melakukan transmisi keilmuan melalui taklim atau ceramah agama, salah satu yang sangat popular adalah Prof. Dr. Hj. Muriah dengan kiprahnya pada beberapa domain, diantaranya pendidikan, dakwah. Ia menguasai ilmu agama terutama kompetensi dalam mengkaji kitab kuning, sekaligus mampu mentransmisikan ilmunya kepada anak didiknya dan umat secara umum.Kapasitas keulamaannya turut pula didukung oleh akhlak al-karimah, dan juga pengakuan masyarakat sebagai pusat legitimasi keulamaan secara tradisional. Di dunia akademik pun Muriah terbilang sukses menapaki anak tangga tertinggi dalam piramida jabatan structural di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda sebagai rektor institusi pendidikan tinggi tersebut.


Keywords


ulama perempuan, Muriah, biograpi, transmisi keilmuan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abd. Kadir. 2009. Ulama Bugis. Makassar: Penerbit Indobis Publishing.

Alwy As, Suwinah dan Hadri A.Basyir. 2007. 12 Tokoh Wanita Kaltim. Samarinda: Ikatan Dosen Wanita (IDOTA) Universitas Mulawarman.

Asad, Muhammad. 2011. Buah Pena Sang Ulama. Jakarta: Orbit.

Azra, Azumardi. 2002. Biografi sosial-Intelektual ulama perempuan pemberdayaan historiografi dalam Jajat Sumarja (ed).. Ulama Perempuan Indonesia. Jakarta; Gramedia Pustaka Utama.

Burhanuddin, Jajat (ed.). 2002. Ulama Perempuan Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kasim, Amrah. Ulama Perempuan dalam Tafsir Keagamaan dalam dalam Workshop Pemberdayaan Ulama Perempuan pada tanggal 25 Juli 2010 oleh BLA Makassar kerjasama dengan LAPAR.

Muhammad Husain, Islam dan Keadilan Gender dalam Workshop Pemberdayaan Ulama Perempuan pada tanggal 25 Juli 2010 oleh BLA Makassar kerjasama dengan LAPAR.

Muriah, Siti. 2005. Gender dan Kepemimpinan Perempuan (Perpektif Al-Quran). Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Samarinda 13 Agustus 2005.

Rahimah. Mengapresiasi Kembali Kedudukan dan Peran Ulama Perempuan diakses pada situs http://id.wikisource.org/wiki/Mengapresiasi_Kembali_ Kedudukan_dan_ Peran_Ulama_Perempuan. Tanggal 24 Desember 2011.

Sahmi, Mulyadi (ed). tt. Profil Ulama Kota Samarinda. Panitia Haul Ulama Kota Samarinda.

Weber, Max. 1964. The Sociology of Religion. Boston: Beacon Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v24i2.545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :