PEMETAAN KUALITAS MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN KOLAKA

Abd. Rahman Arsyad

Abstract


Penelitian ini menelusuri tingkat capaian standar nasional pendidikan pada madrasah aliyah di Kabupaten Kolaka, dengan melihat delapan komponen SNP. Jenis Penelitian survey dengan menggunakan metode kuantitatif, adapun tehnik pengumpulan data, yaitu: angket, wawancara, observasi dan dokumentasi.Tingkat capaian madrasah aliyah bervariatif dalam pemenuhan kualitas, terutama pada aspek ciri khas (penambahan materi agama yang relevan dengan mata pelajaran umum dan fasilitas kegiatan ekstrakurikuler), Guru dan staf (pengembangan SDM, pengrekrutan, penempatan), serta sarana dan prasarana (ruang, fasilitas dan media pembelajaran). Manajemen pengelolaan madrasah, sepenuhnya merujuk pada kebijakan yayasan. Sehingga inovasi dan kreatifitas pengelola kurang menguat dalam mengembangkan madrasah, terutama membangun kerjasama pada semua elemen dalam pemenuhan operasional pembelajaran.


Keywords


Kualitas Madrasah Aliyah

Full Text:

PDF

References


Barnawi & M. Arifin. 2012. Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta, Ar- Ruzz Media

Calongesi, James S. 1995. Merancang Tes Untuk Menilai Prestasi Siswa. Bandung, Institut Teknologi Bandung (ITB)

E. Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Professional. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Hasbullah. 2007. Otonomi Pendidikan. Jakarta, Raja Grafindo Persada

Harsono. 2007. Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta, Pustaka Book Publisher.

M. Dachlan Al Barry. 1994. Kamus Modern Bahasa Indonesia, Arloka. Yogyakarta.

Nanang Fatah. 2009. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006, tentang Standar Isi

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007, tentang Standar Proses

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006, tentang Standar Kompetensi Lulusan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 Tanggal 28 Juni 2007, tentang Standar Sarana Dan Prasarana

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 Tanggal 23 Mei 2007, tentang Standar Pengelolaan Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 69 Tahun 2009 tentang Standar Biaya Operasional Nonpersonalia

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 Tanggal 11 Juni 2007, tentang Standar Penilaian Pendidikan

Piet A. Sihertian. 1994. Dimensi Administrasi Pendidikan. Surabaya, Usaha Nasional

Quraish Shihab. 1999. Membumikan Al-Quran. Mizan, Bandung

Suharsimi Ari Kunto. 2009, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta, Bumi Aksara.

Suharno 2008, Manajemen Pendidikan (Pengantar Bagi Para Calon Guru), Cet. II (Surakarta LPP UNS Press).

Supriyanto, A. 1997. Jurnal Ilmu Pendidikan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Daerah Diseminasi, Jilid 4, IKIP.

Syafaruddin & Irwan Nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta. Quantum Teaching.

Trianto & Titik Triwulan. 2006. Tinjauan Yuridis Hak Serta Kewajiban Pendidik (menurut UU Guru dan Dosen), Jakarta. Prestasi Pustaka.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 pasal 1 (1), tentang Guru Dan Dosen. Bandung 2006. Citra Umbara.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1,ayat (5).




DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v24i2.544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :