PENGAJIAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN SALAFIAH ITTAQULLAH KEBUN CENGKEH KOTA AMBON

Dr. Idham

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan potret termasuk kondisi rill pondok pesantren dan pengajian kitab kuning sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Kemudian mengemukakan peluang dan tantangan yang dihadapi di dalam mengelola pondok pesantren Ittaqullah. Sumber data terdiri atas dua jenis yaitu data primer dan data skunder. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan triangulasi. Pengolahan dan analisis data menggunakan tiga cara, yaitu penyajian data, reduksi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Salafiah Ittaqullah sebagai lembaga pendidikan keagamaan Islam yang didirikan 2007 keberadaannya sangat sederhana di berbagai aspek yang hanya mengharapkanridhodan Rahmat Allah SWT. Pesantren ini mengelola dua jenis pendidikan yaitu pendidikan diniyah (madrasy) yang mengintegrasikan dua pendidikan yaitu pendidikan umum dan pendidikan agama yang dikenal dengan pola pendidikan muallim. Pengajian kitab kuning dengan mengacu pada Peraturan Menteri Agama Nomor 13 tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam. Pengajian kitab diselenggarakan melalui mengaji berbagai kitab kuning yang dilakukan dengan secara sederhana. Di dalam implementasinya terdapat peluang karena ustad/kakak berbuat penuh keikhlasan, meskipun juga sekaligus mengalami kelemahan tentang kurangnya kakak yang mengajar kitab kuning, juga pengadaan kitab yang dipelajari hanya mengandal kitab yang difoto copy.

Keywords


Pengajian, kitab kuning,Pesantren Ittaqullah, Pendidikan Keagamaan

Full Text:

PDF

References


A.Qadri A. Azizy.2004. Profil Pondok pesantren Muadalah, Jakarta: Depertemen Agama RI, Direktorat Jenderal Kelembagan dan Pondok Pesantren, Proyek Peningkatan Pondok Pesantren.

Ahmad, Abd. Kadir. 2013. Ulama Bugis. Makassar: Indobis

Amrulloh, M. Zulfikar. 2015. Strategi Pembelajaran Kitab Kuning di Sekolah Tinggi Ilmu Kitab Kuning An-Nur 2 Bululawang Malang (tesis). Malang: Program Magister Pendidikan Agama Islam Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ashof, Muhammad. 2017. Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Methode Ibtidai di Pondok Pesantren Al Huda Doglo Candigatak Cepogo Boyolali Tahun 2016-2017 (skripsi). Surakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Behri, Mat. 2017. Program Akselerasi Baca Kitab Kuning di Majelis Musyawarah Kutubuddiniyah (M2KD) PP. Mambaul Ulum Bata-Bata DS. Panaan Kec. Palengaan Kab. Pamekasan, dalam jurnal Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 6(2): 678-694

Cahyati, Nur. 2012. Pembelajaran Kitab Kuning di Kelas Idaddy Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta (Study Komparasi Efektifitas Metode Bandongan dengan Metode Sorogan) (skripsi). Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Cresswell, Jhon W. 1994. Research Design, Qualitative and Quantitative Approaches. California: Thousand Oaks.

Departemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Bandung: Fokus Media.

Depianti, Lia. 2017. Proses Sosialisasi Belajar Kitab Kuning Pada Santri Tingkat Wustha di Pondok Pesantren Salafiyah Nurhidayah Desa Bencah Kelubi Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, dalam jurnal JOM FISIP, 4(1): 1-15.

Djamarah, Syaiful Bahri Dkk,. 1993.Strategi Belajar Mengajar.Banjarmasin: Penerbit Rineka Cipta.

Hanani, Nurul. 2017. Manajemen Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning, dalam jurnal Realita, 15(2): 1-25

Ibrahim, Rustam. 2018. Pesantren dan Pendidikan Kebangsaan: Studi Tentang Buku al-Difaani al-Wathan min Ahammi al-Wajibat ala Kulli Wahidin Minna Karya Kiai Muhammad Said, dalam Jurnal Miqot, 42(1): 148-170.

Idham. 2016. Empowerment of Santri in Reality and Recollection: Study in Pesantren Hubulo, Gorontalo, dalam Jurnal Pendidikan Islam, 5 (2): 235-260.

Idham. 2017. Pola Pengkaderan Ulama di Sulawesi Selatan (Studi pada Program Mahad Aly Pondok Pesantren Asadiyah Sengkang Kabupaten Wajo), dalam Jurnal Al-Ulum, 17(2): 439-458.

Inderasari, Elen dan Dwi Kurniasih. 2018. Kedwibahasaan Sebagai Upaya Pemahaman dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam, dalam Jurnal Trasformatika: Jurnal Bahasa, sastra, dan Pengajarannya, 2(1): 36-49.

Ismail, Arifuddin. 2016. Tradisionalitas: Menyoal Pesantren Assalafy. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Mahdun, Dede. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Sorogan Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Safinah Al-Najah Santri Putra Pemula (Usia 13-15 Tahun) Pondok Pesantren Assalafie Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon (skripsi). Cirebon: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Matry, Nurdin. 2008. ImplementasiDasar-Dasar Manajemen Sekolah Dalam Era Otonomi Daerah.Makassar: Aksara Madani YPM Pusat Makassar.

Muhaimin. 2007. Pengembangan Kurikulum Pendidikan agama Islam, di Sekolah,Madrasah, dan perguruan tinggi,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ningsih, Vety. 2015. Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqh Berbasis Kitab Kuning di SMP Maarif NU 2 Kemranjen Tahun Pelajaran 2014/2015 (skripsi). Purwokwrto: Jurusan Tarbiyah dan Keguruan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Purwokwrto.

Parwis, Ahmad. 2012. Efektifitas Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Aliyah Al-Islam Rumbo Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar (skripsi). Pekanbaru: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Rahim Dkk,. 2001.Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam.Jakarta: Departemen Agama RI Direktorat JenderalPembinaan Kelembagaan Agama Islam/Direktorat Pembinaan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum Negeri, Proyek peningkatan tenaga teknis Pendidikan Agama Islam.

Rasyid, Malum dan Idham. 2017. Saiyyang Pattuqduq dan Khataman Al Quran di Mandar. Yogyakarta: Zadahaniva Publishing.

Rijal, Akh. Syaiful. 2018. Pemakaian Kitab Kuning Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fiqh di Madrasah Tsanawiyah Berbasis Pesantren di Pamekasan, dalam jurnal Muslim Heritage, 1(2): 293-316.

Saadah, Nur. 2015. Implementasi Sistem Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Islam Slafiyah Jabalkat Sambijajar Sumbergempol Tulungagung (skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Sholeh, Muhammad. 2014. Strategi Pembelajaran Kitab Kuning di Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan (tesis): Medan: Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Medan.

Syaifullah. 2017. Analisis Penerapan Metode Bandongan dalam Pembelajaran Kitab Kuning di MA Plus Pondok Pesantren Abu Hurayrah Mataram (tesis). Mataram: Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Mataram.

Tafsir, Ahmad. 2007.Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cetakan ke IX, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Taruna, Mulyana Mudis. 2012. Standarisasi Penguasaan Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Hakim Nusa Tenggara Barat, dalam jurnal Analisa, 19(1): 107-119.

Taufik, Muhammad. 2016. Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Sunan Giri Krasak Kec. Argomulyo Kota Salatiga (skripsi). Salatiga: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Thoriqussuud, Muhammad. 2012. Model-Model Pengemangan Kajian Kitab Kuning di Pondok Pesantren, dalam jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid, 1(2): 225-239.

Yumitro, Gonda dan Dion Maulana Prasetya. 2017. Pesantren Resistance Against Cultural Globalization, dalam Jurnal Moqot, 41(2): 335-360.




DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v24i2.539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :