IMPLEMENTASI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI PASCASARJANAS2 PAIUIN MATARAM

suprapto suprapto

Abstract


Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) merupakan kriteria minimal pada jenjang pendidikan tinggi di perguruan tinggi. SNPT wajib dipenuhi untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan dijadikan dasar untuk pemberian izin pendirian perguruan tinggi dan izin pembukaan program studi, serta dijadikan dasar penyelenggaraan pembelajaran berdasarkan kurikulum pada program studi. Selain itu SNPT juga dijadikan dasar penyelenggaraan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dijadikan dasar pengembangan dan penyelenggaraan sistem penjaminan mutu internal dan dijadikan dasar penetapan kriteria sistem penjaminan mutu eksternal melalui akreditasi. Permasalahannya, pengelolaan Pascasarjana di PTKI belum maksimal maka perlu dilakukan penguatan akademik pada aspek dosen dan tenaga kependidikan, proses belajar-mengajar yang baik dan memenuhi standar, tata kelola yang baik, riset dan publikasi, dan pendanaan yang mencukupi bagi peningkatan kualitas pendidikan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni menganalisis data yang berupa data-data tertulis atau wawancara secara langsung dari orang yang terlibat dalam penelitian ini (informan) serta perilaku yang diamati, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh. Penelitian ini menghasilkan bahwa Pascasarjana S2 PAI UIN Mataram belum memiliki Renstra, belum terpenuhinya SNPT pada standar sarana dan prasarana, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan pembelajaran dan standar pembiayaan, penilaian Mata Kuliah dan input hasil ujian Pascasarjana S2 PAI masih dilakukan secara manual. Drekomendasikan, perlu disusun renstra S2 PAI 2018-2022 yang mengacu pada proses perubahan bentuk IAIN menjadi UIN ,perlu dilakukan penataan terhadap tenaga kependidikan Pascasarjana S2 PAI melalui pembagian pekerjaan (job description) yang jelas sehingga mempermudah mereka dalam mempertanggungjawabnya, perlu peningkatan pembiayaan pengembangan program Pascasarjana S2 PAI ke depan baik yang bersumber pada APBN/BLU maupun kerjasama dengan pihak pemerintah daerah dan swasta lainnya, mahasiswa S2 PAI diwajibkan memiliki, membaca, mereview dan wajib mengakses google schooler untukmeningkatkan literasi para mahasiswa S2 PAI. Kedepannya untuk penilaian penilaian mata kuliah dan hasil ujian mahasiswa S2 secara dilakukan secara daring.


Keywords


Implementasi SNPT, Pascasarjana S2 PAI, PTKI

Full Text:

PDF

References


Cholid Narbuko dan Abu Achmadi 1997. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Didin Kurniadin dan Imam Machali, 2012.Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media

Erni Tisnawati Sule, Kurniwan Saefullah. 2009. Pengantar manajemen. Jakarta: Kencana Perdana Media Goup

Husain Usman. 2006. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Nanang Fattah, 2013. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

https://maragustamsiregar.wordpress.com/2014/04/15/pendaftaran-mhs-baru-s2-prodi-pendidikan-islam-uuin-sunan-kalijaga, diakses pada tanggal 9 Januari 2018.http://www.uinjkt.ac.id/id/program-pascasarjana/, diakses , tanggal 8 Januari 2018

Peraturan Menteri, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi no 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 3

Peraturan Menteri, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi no 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 4

Sofian Effendi. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES

Suharsimi Arikunto, 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta

Tim Pengembang SPMI. 2016. Permenristekdikti RI Nomor 44 Tahun 2015. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Direkjtorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Penjaminan Mutu

Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) no 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Undang-undang no. 12 tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi




DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v24i2.538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :