INOVASI PENDIDIKAN AGAMA DI SMP FRATER BINAAN YAYASAN TAMAN TUNAS KOTA KENDARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi dan inovasi pembelajaran pendidikan agama di SMP Frater Kendari yang merupakan sekolah Katolik, binaan Yayasan Taman Tunas yang memiliki latar belakang peserta didik yang multi agama. Rumusan Masalah yang ada dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Inovasi Pendidikan Agama yang diimplementasikan serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses Inovasi Pendidikan Agama di SMP Frater Kendari?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasidan inovasi pembelajaran pendidikan agama yang diterapkan adalah pembelajaran Pendidikan agama Katolik untuk semua siswa tanpa melihat dari latar belakang siswa yang multi agama sesuai dengan ciri khas sekolah Katolik. Adapun materi pendidikan agama Katolik bersifat umum (universal) yang pembahasannya sedapat mungkin bisa dipahami oleh siswa yang beragama non Katolik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abudin Nata, 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
Ancho, Djamaluddin, 2012. Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi.. Jakarta. Erlangga.
Basri, Husain Hasan. 2013. Makalah: Pendidikan agama pada Sekolah Islam.
Bogdan, Robert C. & Sari Knopp Biklen, 1982, Qualittive research for education; Boston, Allyn and Bacon inc.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam DEPAG RI. 2006. Undang – Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta
Kemenag Kota Kendari, 2013. Data Emis: Jumlah Penduduk Kota Kendari berdasarkan Kecamatan.
Kurikulum KTSP SMP Frater Kendari Tahun Pelajaran 2013 – 2014
Neil Postman, 2001. Matinya Pendidikan: Refleksi Nilai-Nilai Sekolah. Yokyakarta, Jendela.
Pdt. Em. Budhiadi Henoch, 2006. Pendidikan Agama Kristen (PAK) Selayang Pandang.
RP. Mbula Darmin, OFM. 2014. Jurnal Educare Nomor 12/X/2014. Kepemimpinan Sekolah Katolik: Kompetensi Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Iman. Jakarta.
Sadikin, Muhammad Ali, 2013. Inovasi Guru dalam Penggunaan Metode dan Bahan Ajar Pembelajaran PAI di SD Nasima Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Sugiyono, 2005. Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabet.
Tamburaka, Rustam, 2003. Sejarah Sultra dan 40 tahun Sultra Membangun Provinsi Sulawesi Tenggara.
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Udin Saefudin Sa’ud, 2008. Inovasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v23i2.421
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Office
| Address: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar (Jl. Andi Pangeran Pettarani No. 72, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia) | ||||
Email: alqalamjurnal@gmail.com | |||||
Website: http://jurnalalqalam.or.id/index | |||||
Contact Person: Sari Damayanti (+62 81342653417) | |||||
Indexed by :