PAHAM KEAGAMAAN ANTUNG MUHTAR DI TARAKAN KALIMANTAN UTARA

mursalim mursalim

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengkaji sebuah paham keagamaan yang dahulu disebarkan oleh seorang yang bernama Antung Muhtar di Kota Tarakan, Kalimantan Timur dan sekitarnya, yang berlangsung sejak tahun 2008 sampai 2013, menurut pengakuannya sebagai seorang yang pernah belajar di Mekah dan di Oxford, Inggris. Metode penelitian kualitatif dimanfaatkan sebagai kerangka analisis. Melalui pengumpulan data yang lazim dalam metode kualitatif, baik melalui wawancara mendalam, observasi, maupun dari sumber pustaka. Maka, ditemukan bahwa, paham yang diajarkan Antung Muhtar berkisar pada keimanan, ibadah dan akhlak. Namun, dari ketiga aspek ini, ada banyak hal yang tidak sesuai dengan pokok-pokok ajaran Islam, misalnya dalam bidang ibadah, yaitu shalat. menurutnya shalat lima waktu yang selama ini dianggap sebagai shalat fardhu sejatinya tidaklah wajib, sebab  yang diwajibkan adalah shalat tahajjud dan puasa juga demikian yang ada adalah puasa bicara. Demikian pula dalam bidang tasawuf atau tarekat misalnya konsep ma’rifat, yaitu apabila sampai kepada maqam ma’rifatullah, maka tasawuf tidak memerlukan ilmu dan amalan, yang ada adalah sifat. Demikian pula tentang ajaran tarekat yang dia pahami, yang secara factual telah jauh menyalahi faham-faham tarekat yang berkembang dan dianut umat Islam selama ini, salah ajaran dalam tarekat versi Antung Muhtar adalah konsep“A – I – U”yang kemudian dimaknai sendiri olehnya, seperti lafadz  A adalah Junub, I adalah istinja’ dan U adalah syahadat.

Keywords


Paham, keagamaan, Antung Muhtar, Ajaran, Kota Tarakan

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an al-Karim

Abdullah, Taufik, (ed), Islam di Indonesia, Jakarta: Tintamas, 1974.

Clifford, Geertz, The Religion of Java, USA: Free Press, 1964.

Hakim, Bashori A. (ed), Aliran, Faham dan Gerakan Keagamaan di Indonesia, Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan, 2009.

Mas’ud, Abdurrahman, Menyikapi Keberadaan Aliran Sempalan, “dialog” Jurnal Penelitian dan Kajian Keagamaan, No. 68, Tahun XXXII, November 2009.

Mudzhar, M. Atho Pendekatan Studi Islam dalam Teori dan Praktek, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Cet. I, 1998.

Moleong, Lexy, J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya, 2000.

Rosidi, Ahmad, Perkembangan Paham Keagamaan Lokal di Indonesia, Cet I; Jakarta: Puslitbang Keagamaan Badan Litbang dab Diklat Kementerian Agama RI, 2011.

Zuriah, Nurul, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

al-Khatib, Muhammad Ajaj Al-Sunnah Qabla al-Tadwin, Beirut: Dar al-Fikr, 1997, Cet. VI.

Ismail, Syuhudi, Kaedah Kesahihan Sanad Hadis’ Telaah Kritis dan Tinjauan dengan Pendekatan Ilmu Sejarah, Jakarta: Bulan bintang, 1988

Raharjo, Dawan (ed.), Pergulatan Dunia Pesantren; Membangun dari Bawah, (Jakarta: P3M, 1985.

Shihab, M. Quraish, Tafsir al-Misbah, Jakarta: Lentera Hati, 2003.

Wahjoetomo, Perguruan Tinggi Pesantren Pendidikan Alternatif Masa Depan, Jakarta: Gema Insani Press, 1997)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

AL-QALAM Indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar

 

Copyright of Al-Qalam (e-ISSN 2540-895X p-ISSN 0854-1221). Powered by OJS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats