MEMBEDAH KERUKUNAN PASCA KONFLIK Refleksi Segregasi Pemukiman Muslim dan Nasrani di Ambon

Arifuddin Ismail

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk melakukan refleksi “Kerukunan Umat Beragama di Ambon Maluku” dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Secara khusus penelitian ini focus pada “segregasi pemukiman antara Muslim dengan Nasrani pasca konflik di Ambon. Salah satu kasus konflik yang menggoncangkan Indonesia, bahkan dunia  adalah “Konflik Ambon”. Kejadiannya sudah berlangsung lebih  dua decade, dan  secara faktual di permukaan menunjukkan kehidupan yang aman dan damai. Tentu dengan  kebijakan  pemerintah yang dari awal melakukan “Segregasi Pemukiman” antara Muslim dengan Nasrani pasca konflik. Ternyata di balik kedamaian terselubung banyak hal, sebagai dampak dari “segregasi pemukiman,” yaitu: 1. Melemahnya solidaritas kultural, dan menguatnya solidaritas keagamaan pada masing-masing umat beragama; 2. Melanggengkan rasa trauma masyarakat terhadap konflik yang mengerikan, artinya dengan pengalaman konflik Ambon memunculkan dampak psychologis yang berkepanjangan, dan berefek pada susahnya memulihkan dan mengembalikan  kepercayaan (trust); 3 Interaksi yang terbangun bersifat formal dan semu di ruang-ruang public. Masing-masing komunitas menjalani kehidupannya sendiri-sendiri, bahkan merasa enggan untuk saling berkunjung, dan membangun komunikasi yang lebih intens, sehingga terjadi  jarak sosial di antara kedua komunitas; 4. Menciptakan sekat-sekat pemisah yang pada setiap komunitas memunculkan stigma negatif terhadap orang-orang yang berada di luar kelompoknya (the other),  konteks ini  terjadi ketegangan sosial yang sewaktu-waktu mencuat ke permukaan  menjadi “konflik terbuka.” Kondisi masyarakat seperti di Ambon mengundang perhatian yang lebih intens  guna membedah satu persatu fenomena psykososial yang berada pada titik mengkhawatirkan. Pilihan utama yang harus dilakukan adalah bagaimana mengkondisikan masyarakat yang di dalamnya terbangun interaksi yang intens dan rajutan kasih sayang secara ikhlas dan simultan untuk menggapai kehidupan yang kondusif dalam kedamaian yang abadi

Full Text:

PDF

References


Andries. Flavius Floris, 2014, Minoritas Dalam Masyarakat Majemuk, Disertasi, Universitas Gadjah mada, Yogyakarta.

Coser, Lewis A. 1956. “The Functions of Social Conflict”. Gleancoe, USA: the Free Press.

Chandoke, Neera. 2001. Civil and political in Civil Society. Journal “Democratization, volume 8 nomor 2.

Creswell, John W. 2013. “Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diamond, Larri dan Platner Marc F. 2003. Hubungan Civil-Militer dan Konsolidasi Demokrasi. Jakarta: Rajawali Press.

Fukuyama, Francis, 2005. Memperkuat Negara Tata Pemerintahan Dan Tata Dunia Abad 2001. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. (28-38)

Hayat, Bahrul. 2012. Mengelola Kemajemukan Umat Beragama. Jakarta: PT,. Saadah Cipta Mandiri, Cetakan Pertama.

Migdal, Joe. 1988. Strong and Weak State: State-Societies Relations and State Capabilities in the Third World. Princenton: Princenton University Press

Milles, M.B. and Huberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication

Mujiburahman, 2009, Legitimasi dan Kritik Pemikiran Keagamaan Djohan Effendi, di Dalam Merayakan Kebebasan Beragama, ICRP, Jakarta

Nasir, Muhammad. 2006. “Islam dan Solidaritas Sosial dalam Sayyidul Ayyam, tgl. 17 Nopember.http://sayyidulayyaam.blogspot.com/2006/11/islam dan solidaritas sosial.html.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Tholhah, Imam. 2006. “Memupuk Kerukunan dan Menepis Konflik Berbasis Masyarakat” di dalam Jurnal Harmoni, Vplume 1 Nomor 4, Oktober – Desember 2002

Yewangoe, Andreas A, 2009, Regulasi Toleransi Pluralisme Agama Di

Indonesia, Dalam Elsa (ed) Merayakan Kebebasan Beragama, ICRP, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

AL-QALAM Indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar

 

Copyright of Al-Qalam (e-ISSN 2540-895X p-ISSN 0854-1221). Powered by OJS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats