PENGARUH TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM MENGATASI SISWA YANG MENGALAMI KECANDUAN GAME ONLINE DI SMP NEGERI 17 MAKASSAR

Nurhidayatullah nurhidayatullah

Abstract


Penelitian ini menelaah Pengaruh Teknik Self-Management dalam mengatasi siswa yang mengalami kecanduan game online di SMP Negeri 17 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagamanakah gambaran pelaksanaan self-management di SMP Negeri 17 Makassar? 2. Bagaimanakah gambaran kecanduan game online siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik self-management di SMP Negeri 17 Makassar? 3. Apakah penerapan teknik self-management dapat mengatasi kecanduan game online siswa di SMP Negeri 17 Makassar? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik self-management di SMP Negeri 17 Makassar. 2. Gambaran kecanduan game online siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik self-management di SMP Negeri 17 Makassar. 3. Pengaruh teknik self-management dalam mengatasi kecanduan game online siswa di SMP Negeri 17 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian single subject terhadap 3 subjek penelitian siswa di SMP Negeri 17 Makassar pada tahun ajaran 2016/2017. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis visual dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Pelaksanaan self-management menggunakan 4 tahapan yaitu kontrak, self-monitoring, pemberian tugas, dan modifikasi lingkungan. 2. Hasil trand grafik sebelum intervensi stabil pada kategori tinggi, kemudian pada saat intervensi terjadi penurunan positif, dan setelah treatment diberikan trand grafik SSR tetap menurun lalu stabil mendatar. 3. Terdapat pengaruh teknik self-management dalam mengatasi siswa yang mengalami kecanduan game online.

Keywords


Self Management, kecanduan game online

Full Text:

PDF

References


Corey, G. 2007. Teori dan Praktek Konselingdan Psikoterapi. Diterjemahkan oleh E. Koswara. Bandung: PT. Refika Aditama.

Dewi, I. C. 2015. Pengantar Psikologi Media. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hartono. & Soedarmadji,. B. 2012. Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana.

Komalasari, G. dkk. 2014. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks

Laili, F. M. & Nuryono, W. 2015. Penerapan Konseling Keluarga untuk Mengurangi Kecanduan Game Online pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Surabaya. Jurnal BK. Volume 05 Nomor 01 65-72.

Mahmud, A. & Sunarty, K. 2012. Mengenal Teknik-Teknik Bimbingan dan Konseling. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Ormrod, J. E. 2008. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Rahmawati, H. 2009. Modifikasi Perilaku Manusia. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Retnowulan, D. A. & Warsito, H. 2013. Penerapan Strategi Pengelolaan Diri (Self Management) untuk Mengurangi Kenakalan Remaja Korban Broken Home. Jurnal BK UNESA. Volume 03 Nomor 01. 335-340.

Santoso, T. W. 2013. Perilaku Kecanduan Permainan Internet dan Faktor Penyebabnya pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jatisrono Kabupaten Wonogiri (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jatisrono Kabupaten Wonogiri). Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunanto, J. Takeuchi, K. & Nakata, H. 2005. Pengantar Penelitian dengan Subyek Tunggal. CRICED University of Tsukuba: Otsuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

AL-QALAM Indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar

 

Copyright of Al-Qalam (e-ISSN 2540-895X p-ISSN 0854-1221). Powered by OJS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats